Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

TIPS ANDROID | ANDROID ANDA BOROS BATREI,BERIKUT 7 TIPS MENGHEMAT BATREI ANDROID

TIPS ANDROID | ANDROID ANDA BOROS BATREI,BERIKUT 7 TIPS MENGHEMAT BATREI ANDROID
Tips Menghemat  Baterai  Android Yang  Boros, Setiap perangkat smartphone android memiliki daya baterai yang berbeda-beda, namun baterai mereka masih saja tetap boros.

Hal itu memang tidak dapat dipungkiri, bahwasannya ini dikarenakan oleh beberapa hal. Seperti :
  • banyak aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang
  • tingkat kecerahan layar terlalu terang dan juga 
  • sinyal jaringan yang membutuhkan banyak konsumsi daya baterai.

Untuk mengatasi masalah tersebut saya telah merangkum beberapa solusi untuk membuat baterai android kita tetap awet dan tahan lama sehingga tidak akan boros.

Berikut Tips Untuk Menghemat Daya Baterai HP Android Agar Tetap Awet Dan Tidak Boros Lagi.

1. Mengatur Kecerahan Layar Android Untuk Menghemat Baterai HP Android
Hal yang paling mendasar kenapa baterai android itu menjadi boros adalah karena tingkat kecerahan layar itu sendiri yang terlalu terang. Hal ini sangatlah mungkin untuk menghabiskan daya baterai android kalian yang begitu besar, karena layar hp merupakan komponen utama yang mengonsumsi daya baterai paling besar.

Jadi cara terbaik untuk menghemat baterai android kita agar tetap awet adalah dengan mengatur intensitas kecerahan layar. Semakin redup kecerahan layar maka akan semakin hemat baterai hp kita, apabila semakin terang maka baterai hp kita akan menjadi boros.

Dan jika layar HP sudah menyala terus menerus lebih dari 90 menit alangkah baiknya kita mematikannya sejenak dengan mode tidur agar tidak cepat panas.
Selain itu layar yang terlalu terang akan mengakibatkan mata cepat lelah dan capek sehingga dapat menggangu kesehatan mata.
2. Memasang Wallpaper Statis Yang Gelap Agar Baterai HP Android Tidak Boros

Langkah selanjutnya untuk menghemat baterai android adalah dengan mematikan wallpaper animasi dan menggantinya dengan wallpaper statis dengan kontras gelap, ini dikarenakan jika wallpaper gelap tidak membutuhkan konsumsi daya baterai yang begitu banyak.

Di sisi lain, menggunakan wallpaper yang berupa animasi alias live wallpaper bergerak maka akan membuat baterai android cepat boros.
Selain itu wallpaper yang menggunakan kontras warna yang terang maka akan membutuhkan banyak daya baterai karena membuat layar LCD pada HP bekerja lebih keras dalam memproses grafis (UI) sehingga membuat HP cepat panas,
3. Mengatur Jaringan Smartphone (data seluler 3G atau 4G, wifi, hotspot dan bluetooth)

Menghemat Daya Baterai Android Yang Sangat Boros itu sangatlah mudah, kita hanya perlu mengatur jaringan yang ada pada smartphone.

Sebagian besar pengguna smartphone saat ini kebanyakan sudah memakai jaringan 4G, jaringan ini membutuhkan banyak konsumsi daya baterai android sehingga bisa membuat baterai hp kita menjadi boros.

Maka dari itu, jika kita ingin tetap hemat baterai maka kita bisa menggunakan jaringan 3G meskipun jaringan internetnya agak lemot.
Bukan hanya jaringan data seluler 4G, jaringan Wifi, Hotspot dan Bluetooth juga mengonsumsi daya baterai yang sangat besar. Oleh karena itu jangan terlalu sering atau terlalu lama menggunakan jaringan tersebut, jadi pakailah sewajarnya saja.
4. Menghemat Baterai Android Dengan Matikan Layanan GPS 

Layanan ini memang menyerap banyak daya baterai karena layanan ini membutuhkan jaringan koneksi internet untuk melacak posisi pengguna smartphone android.
Jadi alangkah baiknya jika kita mengaktifkan GPS pada saat yang diperlukan saja, seperti saat ingin menggunakan aplikasi toko online, share lokasi dan keperluan penting lainnya.
5. Cara Menghemat Daya Baterai HP Dengan Memanajemen Aplikasi Android 

Kita juga dapat menghemat baterai hp android kita agar tetap awet dan tidak boros dengan cara melakukan manajemen pada aplikasi yang terpasang di smartphone android.
Contohnya saja dengan mematikan aplikasi android jika selesai menggunakannya, mencopot atau menonaktifkan aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi.
Dengan tindakan tersebut maka hal itu bisa menghemat baterai android karena tidak akan ada aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem untuk menyerap daya baterai hp.

6. Gunakan Mode Senyap (Diam) Untuk Menghemat Baterai HP

Cara ampuh lainnya untuk menghemat baterai android ialah dengan mengaktifkan mode senyap atau diam. Dalam mode ini baterai kita akan menjadi lebih awet, sebab dengan mengaktifkan mode ini maka beberapa fitur sensor yang tidak penting akan dimatikan.
Beberapa fitur yang dimatikan adalah suara dan getaran pada saat proses pengetikkan di keyboard, suara notifikasi chat dari media sosial seperti facebook dan whatsapp akan diganti dengan getaran saja.
7. Matikan HP Android Selama 48 Jam Untuk Membuat Baterai HP Menjadi Lebih Awet

Cara terakhir ini adalah cara yang paling ekstrem, kenapa saya menyebutnya dimikian. Karena semua orang saat ini sudah menganggap smartphone menjadi bagian dari hidup mereka.

Namun ada hal yang perlu kalian ketahui, bahwa cara inilah cara yang paling untuk membuat baterai HP android kita menjadi awet yaitu dengan tidak mengaktifkan HP selama lebih dari 48 jam.

Ini merupakan sebuah pengalaman berdasarkan apa yang saya alami, jika kalian tidak percaya silahkan buktikan sendiri.
Tapi sebelum itu kalian harus mencatat terlebih dahulu berapa persen daya yang dihabiskan oleh ponselmu selama setiap 1 jam, dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mengetahui hasil perbandingannya setelah melakukan tips esktrim ini.
Kemungkinan besar tips ini tidak akan berpengaruh pada baterai hp android yang sudah rusak, seperti baterai bocor, kembung dan lain lain.
A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Berlangganan via Email