Pemuatan cepat, ringan, segar dan profesional.Template Redesign By A.Awal

Konten [Tampil]
DIARY ADMIN | MANFAAT AKTIFITAS BLOGGING UNTUK BLOGGER


Aktifitas blogging atau kita biasa menyebutnya ngeblog adalah sebuah kegiatan yang semakin diminati banyak kalangan. Aktifitas blogging ini tidak lepas dari kemajuan teknologi yang sedemikian pesat..

Banyak orang berbondong-bondong mencoba peruntungan dari aktifitas blogging. Mereka dari berbagai latar belakang ; pelajar, mahasiswa, profesional, pengusaha, dan pengangguran (seperti saya) ingin menjadi bagian dari kelompok bloger yang lebih dulu sukses..

Blogging Itu Santai Namun Pasti..!!

Motivasi orang untuk melakukan aktifitas blogging sebenarnya bermacam-macam. Sebagian orang ngeblog karena mereka punya hobi menulis. Mereka menulis apa saja yang mereka alami, mereka tahu, atau apapun yang mereka punya untuk dibagikan ke orang lain. Bahkan ayam milik tetangga yang baru saja bertelur ditulis untuk memenuhi hobinya menulis. hehehehe

Sebagian lain ngeblog karena ingin memasarkan produk yang mereka jual. Mereka memiliki produk, baik diproduksi sendiri atau didapat dari orang lain, lalu memanfaatkan blog sebagai media pemasarannya. Akhir2 ini memang sedang tren salah satu bisnis online yang menggunakan sistem dropship atau reseller.

Saya dan barangkali sebagian besar dari Anda mungkin masuk dalam kategori yang ketiga ini, yaitu melakukan aktifitas blogging dengan harapan mendapatkan penghasilan utama/tambahan. Barangkali masih ada motivasi lain nge blog yang tidak bisa kita sebutkan satu-persatu. Namun pada prinsipnya.
Apapun motivasi Anda ngeblog sah saja dilakukan, selama tidak melanggar aturan dan ketentuan hukum yang berlaku. Jadi, lakukan saja.
Judul artikel ini, nampaknya saya titik beratkan kepada konteks ngeblog dengan motivasi mencari penghasilan dari internet. Maksud saya, bagi mereka yang melakukan blogging atas dasar hobi cerita seperti alasan pertama tadi, nampaknya tidak berlaku.

Bagi mereka, yang terpenting bisa menulis, sebagai catatan harian atau blog pribadi. Mereka tidak terlalu dipusingkan dengan bagaimana cara : 
  • membuat layout menarik
  • cara menulis yang baik
  • cara meningkatkan trafik
  • cara optimasi SEO
  • monetisasi blog
  • dan sebagainya.
Bagi kita, yang melakukan aktifitas blogging sabagai sumber penghasilan, tentunya melihat ini sebagai sebuah rangkaian kegiatan yang kompleks. Sebenarnya satu-satunya goal atau tujuan dari berbagai sub-kegiatan dalam blogging adalah untuk mendapatkan trafik yang baik (banyak) di blog kita. Sesederhana itu. Namun untuk mencapai tujuan tersebut kita perlu berpeluh keringat dan melakukan kegiatan yang sedemikian kompleks.

Saya menyebutnya kompleks karena kita tidak hanya dituntut untuk mengusai atau setidaknya mengetahui satu hal saja, melainkan banyak hal. Kesan kompleks muncul karena itu semua perlu dilakukan dalam waktu yang bersamaan.

Apakah harus bersamaan ? 

tidak juga. Namun disini kita berbicara sebagai profesional/semi-profesional bloger, dimana waktu sangatlah berharga. Artinya akan jauh lebih baik hasilnya jika kita memahaminya dalam rentang waktu yang nyaris bersamaan. Maka mulailah kita belajar untuk melakukannya dengan lebih sistematis.

Dari sekian banyak pengetahuan yang perlu kita pelajari dalam aktifitas blogging, saya mencoba merangkumnya menjadi beberapa poin besar saja. Tapi ya sama saja, kalau diuraikan satu persatu, yaaa…banyak juga. hehehe.

Berikut Yang Perlu Diperhatikan Untuk Para Blogger..
1 . Tata bahasa yang baik.

Menggunakan tata bahasa yang baik (dan benar) memang diperlukan dalam aktifitas bloging. Itu jelas, karena di sini kita lebih banyak bersinggungan dengan teks. sebagian besar. Lain halnya jika Anda berminat menggeluhaktifitas yang belakangan juga sedang tren, yaitu sebagai vloger (video bloger). Tidak dituntut terlalu formal juga kok, yang terpenting adalah mudah dipahami. Prinsip komunikasi yang utama adalah apa yang diterima, bukan apa yang disampaikan.

2. Selera estetika yang cukup.
Anda tidak harus menjadi desain grafis profesional dulu untuk bisa menjadi bloger sukses. Namun sedikitnya memiliki sense of art. Kita tahu blog kita dikonsumsi oleh orang banyak, jadi perlu kemampuan khusus untuk bisa membuat tamplian blog yang menarik, namun tetap nyaman dan easy to use.
Jika Anda merasa lemah dibidang ini, cobalah minta pendapat orang lain untuk menilai blog Anda dari segi estetika. Dari sana Anda akan benyak mendapat masukan yang sekiranya bermanfaat.
3. Kemampuan interaksi sosial.

Seharusnya ini tidak perlu banyak dipelajari, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Jadi secara alamiah manusia memiliki kemampuan untuk berinteraksi sosial. Namun memang, ada sebagian orang yang memiliki karakter tertutup. Jika anda salah satu dari itu, mulailah untuk mencoba lebih terbuka terhadap orang lain.

Di dunia blogging, ini menjadi penting karena kita akan berhadapan dengan banyak orang. Kita akan bergabung dengan komunitas, forum, atau media sosial lainnya dalam rangka pengembangan blog kita.

4. Kemampuan coding.


Mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita akan “dipaksa” akrab dengan hal yang satu ini. walaupun terbilang gampang-gampang susah, tapi bagi saya yang bukan berasal dari kalangan IT, ini suatu tantangan tersendiri untuk mempelajarinya. Kita harus memiliki setidaknya kemapuan dasar coding, dalam rangka membangun blog.

Mengatur tata letak halaman, layout, dan beberapa hal lain menuntut kita untuk cukup akrab dengan coding.namun kadang kita memiliki ide-ide tersendiri yang kebetulan theme kita tidak menyediakan. Jika anda fasih dalam coding, segalanya akan lebih mudah.
Jangan patah semangat dulu ya. Semua kerja keras Anda akan terbayar lunas,Semangat ngeblog kawan...!

Related Posts

Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    yX Media - Monetize your website traffic with us