Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BELAJAR BLOGGING | Mengenal Konten Abadi VS Konten Musiman Pada Blog


Halo sobat blogger Indonesia, belum lama ini saya blog walking tentang bagaimana agar konten atau postingan blog menjadi banyak dicari oleh orang. Mungkin ini bukan rahasia lagi bagi para konten kreator untuk situs blog.

Namun bagi saya ini menarik dan sangat menantang, masa iya sebuah postingan blog populer ditentukan oleh jaman? apakah keyword berpengaruh? apakah niche blog menentukan popularitas?. Mari kita ulas secara berlahan sembari mengenal bagaimana konten itu bisa tetap abadi di mata pengunjung atau hanyalah musiman saja.

  • Konten Musiman (Short Term)

Setiap waktu selalu saja banyak orang browsing sesuatu yang ingin mereka cari di google. Tapi apakah postingan kita termasuk yang sedang banyak dicari tersebut? iya termasuk, tapi muncul di penelusuran belum tentu. Kita kembalikan pada judul sesuai pengunjung cari, waktu, trend, hingga niche (tema) bahkan keyword paling populer.

Postingan bersifat kabar atau berita
Berita politik, isu pemerintah, inforamasi gadget terbaru, atau mungkin sesuatu hal fresh sedang terjadi di dunia nyata seperti bencana alam, gosip artis, bakalan bermunculan, namun masa tenggang akan berlaku apakah konten mengenai hal tersebut mampu bertahan lebih lama atau tenggelam tergantikan oleh peristiwa baru terjadi akhir ini. Inilah dimaksud dengan konten musiman, segala postingan bersifat "kabar" atau "berita" akan selalu muncul kemudian tenggelam lagi begitu dan seterusnya.

Popularitas Tinggi
Kelebihanya, Anda bisa menarik minat pengunjung secara besar-besaran pada saat itu juga. Pengunjung akan mengenal blog dengan kesan mendalam tentang persoalan atau peristiwa baru saja terjadi. Sifat niche (tema) berita demikian akan mengusung keyword (kata kunci) paling populer.

Anda dapat bermain dengan istilah "fakta" atau "opini" agar pengunjung simpatik dan penasaran atau mengungkapkan pengalaman pribadi (testimonial) seperti halnya sebuah "review" (ulasan) serta "komparasi" (perbandingan) produk berbeda dengan situs web atau blog lain. 

Riset bahan postingan tersebut sangat mudah untuk didapatkan dan hanya perlu sedikit keterampilan dalam hal mensyusun kosa kata dalam waktu singkat, karena variasi (versi) itu boleh berbeda dan dengan cara (bukan plagiat) sedikit improvisasi.

Persaingan Ketat

Kekuranganya, seiring dengan berjalannya waktu keyword tersebut akan tenggelam tergantikan oleh hal lebih baru. Popularitas blog akan menurun jika konsistensi niche berubah (gado-gado) atau absen dari kegiatan posting rutin menyebabkan pengunjung kurang berminat untuk mengikuti (stay tuned). Anda harus jeli mengikuti perkembangan informasi dan updated setiap hari adalah kegiatan melelahkan.

Fakta atau opini selalu memiliki pemerhati (simpatisan) pada pemikiran suatu kelompok atau golongan sehingga orientasi postingan Anda tidak bisa dimonetasi (adsense) berdasarkan produk, terkecuali!. Postingan dengan topik ulasan dan komparasi produk sengaja dibuat untuk mengaktifkan kategori iklan berdasarkan isi bahasan artikel yang dimaksud.

Persaingan ketat juga akan membuat situs semakin berat karena dibutuhkan konsistensi dalam menyusun berita secara akurat, up to date, rutin, dan banyak para pengelola situs lain serupa juga sedang menjalankan teknik sama persis untuk mengejar popularitas. Dengan demikian persaingan hanya terjadi dalam jangka waktu singkat.

  • Konten Abadi (Long Term)

Masalah adalah bagian dari hidup manusia, bahkan benda mati pun memiliki usia pemakaian. Bagaimana jika postingan Anda adalah merupakan solusi dari apa yang orang keluhkan atau mungkin tata cara untuk menghasilkan sesuatu?. Konten bersifat abadi akan selalu dicari pada penelusuran bisa dilihat dari "awalan keyword" muncul sebagai pokok pemecah masalah.

Postingan bersifat jawaban atau solusi 

Pertanyaan selalu diawali dengan kata tanya 5W+1H, sebagai rumusannya adalah what, where, who, when, why, dan how. Teknik ini biasanya kita pelajari dari pelajaran saat sekolah untuk menganalisa kronologi periodik atau saat menyususun rumusan masalah pada skripsi.

Namun algoritma google lebih menyimpulkan keyword sebuah artikel berdasarkan awalan kata "cara". Misal, "cara membuat blog untuk Adsense" dan sebagainya untuk dikategorikan sebagai judul disertai dengan tata cara penanganan masalah (trouble-shooting & problem solving).

Sedangkan "kata tanya" disebutkan diatas hanya sebagai pemanis kalimat untuk mempertegas bagian topik pembahasan. Misal, jika tajuk utama dari postingan adalah "Cara mengendarai mobil listrik" maka untuk mempertegas informasi pentingnya menjadi point ditempatkan pada sub judul atau terselip ditengah-tengah kalimat.

"Dimana pengisian ulang daya mobil listrik di Indonesia?"
"Kapan mobil listrik diluncurkan di Indonesia?"

Popularitas Rendah

Jawaban selalu disertai dengan cara dan langkah solutif untuk mengidentifikasi masalah berdasarkan riset. Oleh sebab itu sedikit sekali orang membuat bahasan topik ini dikarenakan riset yang banyak memakan waktu dan tenaga membuat postingan ini jarang dicari.

Kenapa jarang dicari? 

sebab tidak semua orang memiliki permasalahan yang sama. Dan solusi beraneka beragam akan membuat pengunjung memilih pada salah satu situs web atau blog saja untuk dijadikan andalan dan kerpercayaan, mungkin saja situs Anda bisa menjadi salah satu pilihan mereka.

Persaingan Rendah

Persaingan rendah jadi suatu kelebihan agar konten menduduki puncak hasil pencarian google SERP (Search Engine Result Page). Namun kekurangannya adalah lagi-lagi soal akurasi dari solusi tepat diberikan Anda kepada pengunjung.

Cara bertahannya hanya perlu sedikit update (memperbaiki) postingan untuk memperjelas tutorial sebelumnya yang kurang efektif dalam menanggulangi masalah. Dengan demikian agar pengunjung secara kontinu dapat mengikuti solusi terbarunya.

Konten Gado-Gado (Combined Term)

Untuk istilah gado-gado mungkin saya ambil dari para blogger senior dan dijadikan cara untuk survive dalam hal membuat konten. Mungkin persaingan dengan cara paling fair (adil) bisa terjadi diantara situs populer dengan yang tidak.

Sembari menganalisa trafik penelusuran paling trend untuk dijadikan bahan konten bersifat berita, Anda juga perlu dapat berbagi tips atau trik untuk meminimalisir tumpukan konten usang sifatnya jangka pendek (temporary) dan ketinggalan jaman.

Jika Anda menemukan sebuah situs dengan niche (tema) beragam, maka sudah dipastikan menggunakan teknik ini untuk menggaet demografi (cakupan) pemirsa lebih luas. 

Namun orang sepertinya kurang menyukai hal ini, jika topik melenceng terlalu jauh dari pokok pembahasan hanya akan mengurangi imej yang dibangun pada situs, kecuali Anda membuat situs blog lainnya secara khusus untuk membahas tema tunggal. 

KesimpulanBanyak para pengelola situs blog menggunakan sedikit kombinasi postingan konten dengan niche beragam (gado-gado) dengan tujuan untuk memelihara trafik agar fluktuasi tidak terlalu drastis antara tinggi dan rendah.

Dan yang dibutuhkan adalah tetap stabil dan konsisten fokus pada postingan informatif dan pengelolaan SEO yang baik berpedoman menurut pakarnya.
Selamat mencoba dan berkarya
A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Posting Komentar untuk "BELAJAR BLOGGING | Mengenal Konten Abadi VS Konten Musiman Pada Blog"

Berlangganan via Email