Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BELAJAR BLOGGING | MENGENAL KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DOMAIN GRATISAN

BELAJAR BLOGGING | MENGENAL KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DOMAIN GRATISAN


Bagi anda yang masih bingung memilih domain gratis, berbayar, atau tetap menggunakan domain bawaan blog, lebih baik menyimak ulasan berikut ini mengenai kelebihan dan kekurangan domain gratis. Barangkali bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum mengganti domain.
  • Kelebihan Domain Gratis
  1. Tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun (namanya juga gratis)
  2. Nama domain yang lebih singkat sehingga mudah diingat
  3. Penulisan lebih cepat daripada blogspot.com atau wordpress.com
  4. Terlihat sedikit lebih keren dan profesional
  5. Prosesnya yang cepat dan mudah
  • Kekurangan Domain Gratis
Servernya labil (kaya anak SMA)
Ini yang menjadi masalah utama, yang dimaksud labil adalah sering down atau tidak dapat diakses.Bahkan hosting premium pun terkadang juga mengalami server down apalagi hosting yang hanya gratisan.

Apabila blog tersebut blog bisnis tentu saja akan sangat merugikan karena halaman web sulit diakses, akibatnya pelanggan akan berkurang.

Tidak hanya untuk blog bisnis, blog biasa yang menyediakan informasi juga dapat mengalami kerugian karena visitor bisa turun drastis bahkan sampai nol, dan akan sulit untuk mengembalikan visitor yang banyak seperti semula.

Kerugian yang lainnya yaitu jika blog hilang karena server down ketika sedang di review Google Adsense, yaitu kemungkinan besar akan menerima penolakan karena Googlebot tidak bisa merayapi blog anda.

Hal ini bisa jadi bahan pertimbangan anda untuk mengganti domain gratis atau berbayar.

Minimnya bantuan jika mengalamai gangguan

Adanya customer service oleh penyedia layanan hosting sangat penting bagi member atau orang yang menggunakan jasa servernya. Karena bila terjadi gangguan pada blog, yang paling bisa membantu adalah pihak internal provider.

Service untuk member gratisan biasanya akan sangat sulit kalaupun ada biasanya respon dari provider tersebut cukup lama, padahal jika ada gangguan dan tidak segera diperbaiki akan akan sangat merugikan untuk blog anda.

Tidak mendapatkan asuransi maupun jaminan jika terjadi kesalahan, jadi bila terjadi gangguan anda tidak bisa komplain sehingga akan merugikan anda.

Kapasitas terbatas

Kapasitas space yang terbatas menjadi masalah karaena anda tidak dapat membuat konten yang lebih banyak alias terbatas. Misalnya Anda hanya mendapat jatah Disk Space 1 GB (bahkan banyak yang dibawah itu).

Sehingga dengan kapasitas hanya terbatas membuat kurang mendukung bagi anda yang ingin input data banyak, terutama data-data multimedia seperti format gambar, video dan lainnya.

Apalagi bila blog sudah mempunyai trafik tinggi dengan rata-rata kmentar yang banyak, dibutuhkan kapasitas disk space yang besar agar loading blog tidak menjadi lambat, sehingga akan berdampak kurang baik pada blog tersebut karena berkurangnya impression.

Keamanan data tidak terjamin


Hal ini menjadi perhatian banyak blogger, karena keamanan data yang kurang terjamin. Kasusnya yaitu blog yang sudah dirancang sedemikian rupa tiba-tiba semua data hilang atau blog di delete dari server.

Padahal visitor sudah banyak dan menghabiskan banyak waktu untuk membangun blog dari nol tiba-tiba hilang dengan sekejap dan terkadang tanpa pemberitahuan apa-apa.

Sudah banyak blogger yang curhat masalah tersebut karena menggunakan domain gratisan. Walaupun kemungknannya hanya 10 : 1 atau sepuluh blogger yang mendaftar hanya satu yang mengalami hal tersebut.
Kesimpulan :Dari beberapa kekurangan domain gratis diatas dapat menjadi bahan pertimbangan anda untuk mengganti domain gratis atau berbayar.
Jika anda masih kukuh mengganti domain ke TLD yang gratis juga tidak ada salahnya, tapi saran saya bila sudah memiliki modal yang cukup segera ganti dengan domain yang berbayar agar blog menjadi lebih baik dan terjamin keamanannya.

Atau anda masih ingin tetap menggunakan domain bawaan blog. Menurut saya tidak ada salahnya tetap menggunakan domain blogspot.com atau wordpress.com selagi masih tahap awal membangun blog. Banyak juga blog yang masih menggunakan domain bawaan blogger namun sudah diterima adsense dan memiliki trafik yang tinggi.

Tapi tentu saja ada bedanya antara domain bawaan blog dengan top level domain, misalnya pembagian hasil pendapatan dari Google Adsense yang akan sedikit dipotong bila menggunakan blogspot.com dan lain-lain.

Saya sendiri masih menggunakan domain murahan my.id, jika blog ini sudah mapan semoga bisa cepat ganti domain seperti .com .net dan .id . Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.
A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Posting Komentar untuk "BELAJAR BLOGGING | MENGENAL KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DOMAIN GRATISAN"

Berlangganan via Email