Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BELAJAR BLOGGING | Mengenal Fungsi icon Editor yang terdapat di Postingan Blogger LENGKAP

BELAJAR BLOGGING | Mengenal Fungsi icon Editor yang terdapat di Postingan Blogger


Menata konten blog secara rapi selain membuat pembacanya betah untuk membacanya juga agar tidak merusak mata. Nah, selain tulisan yang rapi dan enak dilihat, isi konten pun juga harus diperhatikan ya sobat.

Adanya editor pada postingan juga penting untuk membantu Anda menggunakan fungsi dari panel yang tersedia. Tata cara mengetik di blog dengan mudah dan simple tanpa harus banyak oprek program html yang sudah fix dapat dilakukan dari panel editor tersebut.

Mengedit tulisan secara normal

Silahkan login ke akun blog Anda dan pilih entry baru, dan perhatikan panel editor yang tersedia ada banyak fitur yang dapat digunakan agar tulisan menjadi rapi. Tombol tersebut layaknya editor pada program Microsoft Office yang biasa kita gunakan untuk mengetik makalah kampus, kerjaan, ataupun lainnya. 

Meskipun terbatas namun fungsi utama pada editor cukup membantu proses Anda dalam membuat konten.

Default Font

BELAJAR BLOGGING | Mengenal Fungsi icon Editor yang terdapat di Postingan Blogger LENGKAP

Font adalah bentuk dari huruf-huruf yang memiliki beberapa gaya atau kharakter penulisan. Dengan adanya font maka tulisan pada tampilan konten Anda akan mengikuti bentuk yang dipilih sesuai keinginan. 

Jenis font yang ada pada editor blog biasanya secara bawaan (default) sudah tersedia dan support dengan tampilan template blog Anda seperti; Arial, Curier, Georgia, Helvetica, Times, Trebuchet, dan Verdana. Namun font lainnya juga bisa Anda tambahkan dengan mengeditnya melalui HTML editor. Kegunaan font ini sangat menentukan kenyamanan pembaca untuk melihat tulisan-tulisan pada konten Anda.

Font Size

BELAJAR BLOGGING | Mengenal Fungsi icon Editor yang terdapat di Postingan Blogger LENGKAP

Selain memiliki bentuk yang berbeda, font juga dapat diatur ukuran besar-kecilnya sesuai keinginan. Besar kecil pada font size mengikuti ukuran bawaan dari smallest, small, normal, large, dan largest. 
Penggunaan ukuran tersebut tidak mempengaruhi format pengetikan, sama halnya tulisan tebal (Bold), miring (Italic), garis bawah (Underline), dan coret tengah (Striketrough), warna (Text color), dan warna belakang (Text background color).

Mengedit tulisan dengan format

Format


Format inilah yang akan menjadi fungsi paling berpengaruh bagi algoritma untuk mengetahui isi yang paling pokok pada konten. 
Karena format penulisan sangat tergantung pada suku kata itu sebagai judul, sub judul, atau text berparagraf yang akan terbaca oleh algotirma Goolge di pencarian, maka perlu diperhatikan fungsi terpenting dari editor bagian ini.



Format tulisan pada mode compose akan merubah ketebalan dan ukuran pada font, dimana sub-sub yang terbentuk yaitu heading, subheading, dan minor heading. Sedangkan mode normal akan mengikuti jenis font yang digunakan pada template blog sebagai teks dari isi blog. 
Kemudian coba Anda perhatikan ketika diklik ke mode HTML maka akan terlihat suku kata tersebut berubah menjadi tag-tag yang perlu Anda pahami fungsi dan kedudukannya.



Tag H2, H3, H4 adalah elemen heading yang menunjukan struktur dari sebuah konten dokumen biasa disebut sebagai judul bertingkat hingga H6. 

Lalu kenapa H1 tidak muncul? 

karena hanya ada dua yang dikenali algoritma sebagai H1, yaitu nama blog dan judul postingan Anda. Hal ini ada sangkut pautnya dengan SEO (Search Engine Optimization) yaitu pengoptimalan konten yang memiliki judul dan sub-sub judul dengan struktur mirip daftar isi pada makalah atau skipsi Anda.

Format tulisan secara rata


Format tulisan alignment maksudnya adalah mengetik dengan susunan teks menjadi rata kiri (Align Left), rata tengah (Align Center), rata kanan (Align Right), dan rata semua (Justified). 
Editor ini akan membuat susunan kata menjadi lebih nyaman untuk dilihat. Sedangkan format yang paling umum digunakan oleh para blogger adalah pemerataan teks secara Align Left karena terlihat nyaman untuk dibaca.
Menambahkan media sharing

Add or Remove Link


Penambahan link dirasa perlu jika Anda memiliki beberapa referensi konten yang merujuk dari alamat situs lain, namun sangat disarankan untuk menuju pada konten blog Anda sendiri. Karena ini menjadi penting jika pembahasan pada konten masih perlu hal-hal yang rinci pada postingan lainnya. 

Dengan menambahkan link maka pengunjung blog akan terbiasa untuk membuka bagian-bagian pembahasan yang lebih lanjut pada postingan blog Anda.

Add Image



Penambahan gambar bisa dilakukan dengan mengunggah foto dari komputer atau laptop Anda. Gambar yang diunggah atau upload akan tersimpan pada Google archieve dan sewaktu-waktu dapat Anda gunakan kembali. 
 Gambar dapat disesuaikan ukuran dan posisinya sesuai keinginan dan penambahan caption juga bisa menjadi solusi jika dimensi atau ukuran gambar sangat sulit untuk dirapikan menyesuaikan tampilan blog layar pada komputer atau handphone.

Add Caption



Berilah caption gambar tadi sebagai deskripsi singkat yang nantinya akan terbaca di postingan. Selain Caption, Image properties juga sangat bermanfaat bagi kemudahan pencarian situs blog Anda. 
Ketika sepenggal keterangan gambar telah ditambahkan, maka gambar yang memiliki kata kunci yang relevan dengan pencarian yang diketik pada kolom pencarian Google dan secara otomatis sangat berpengaruh dengan rating pencarian blog.

Image Properties


Demikian pula penambahan video juga disarankan dari Youtube yang notabene masih satu kerabat dengan platform milik Google. Pembahasan konten secara video dinilai sangat menarik dan menguntungkan bagi Anda yang memiliki konten tutorial atau sebuah review tentang sesuatu dalam bentuk visualisasi. 
Selain itu juga dapat menambah jumlah pengujung yang ada baik blog maupun Youtube. Cukup dengan menempelkan link dari youtube Anda, maka secara otomatis akan tampil dalam bentuk layar video interaktif yang dapat diputar langsung pada blog Anda.

Insert a Video


Penambahan Karakter Tulisan

Insert Special Character


Ini adalah salah satu panel yang membantu Anda menggunakan jenis simbol yang tak tersedia pada keyboard Anda. Berbagai macam simbol juga sudah dikategorikan secara lengkap dan menarik. 
Untuk mempercepat proses pencarian simbol, Anda dapat menggambarkan sebuah karakter dengan menggunakan mouse dan secara otomatis simbol baru akan terbentuk.

Menambahkan Readmore

Insert Jump Break



Jump Break adalah panel yang berfungsi untuk membuat ringkasan postingan Anda akan menjadi terpotong sesuai garis yang diinginkan. Efeknya adalah pada halaman utama blog Anda akan memunculkan ulasan atau readmore dengan jumlah kalimat yang sudah diatur. 
Editor ini sangat jarang digunakan oleh beberapa blogger dengan tampilan template yang standar terpasang readmore secara bawaan. Namun juga bermanfaat bagi Anda yang memiliki sebuah postingan yang sangat panjang dan terperinci sehingga perlu mengulasnya pada bagian halaman selanjutnya.

Penomoran pada Tulisan

Numbered List


Sebuah tulisan konten juga perlu adanya point-point yang singkat untuk diperjelas dengan urut. Misalnya pada urutan step tutorial yang membutuhkan nomor untuk menandai langkah-langkah penting. Selain nomor juga tersedia dalam bentuk dot (titik) yang membantu Anda dalam meringkas point penting yang sedang ditulis.

Bullet List

Menambahkan Catatan Penting

Quote


Untuk mempertegas bahwa ada point penting lainnya juga dapat ditambahkan quote (kutipan) yang sama fungsinya dengan note (catatan) pengingat untuk pembaca.
 Kutipan tersebut akan disertai dengan tanda petik dua (") pada setiap penulisannya dan memiliki jarak agak ketegah dibandingakan format biasa yang Anda gunakan.

Mereset Format Tulisan

Remove Formatting

BELAJAR BLOGGING | Mengenal Fungsi icon Editor yang terdapat di Postingan Blogger LENGKAP

Copy paste dari tulisan media lain biasanya akan mengikutsertakan format penulisan sesuai dari sumber kopian. Sehingga perlu Anda setting kembali penulisan tersebut sesuai dengan format penulisan yang ada pada tampilan blog.
Remove formating ini berfungsi sebagai penghapus format tulisan yang dari segi bentuk font, ukuran font, dan fungsi akan menyesuaikan karakter semula atau karakter bawaan. Bagi Anda yang terbiasa mengetik atau mengkopi bahan ketikan dari Micosoft Word sebelum menerbitkannya panel ini sangat berguna.

Cek Tata Bahasa Tulisan

Check Spelling

BELAJAR BLOGGING | Mengenal Fungsi icon Editor yang terdapat di Postingan Blogger LENGKAP


Check Spelling sangat berguna bagi Anda yang ingin memperbaiki penulisan sesuai bahasa pada blog. Namun fitur ini hanya berfungsi untuk bahasa Inggris dan perlu setting fitur untuk bahasa lainnya. 
Tulisan dengan warna kuning menandakan bahwa ada kesalahan penulisan pada bahasa tersebut dan secara otomatis blog akan merekomendasikan penulisan yang benar sesuai dengan ejaan.

Itulah beberapa Fungsi icon Editor yang terdapat di Postingan Blogger LENGKAP semoga kalian sebagai blogger pemula dapat memahami artikel saya ini,sekian dan terima kasih

A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Posting Komentar untuk "BELAJAR BLOGGING | Mengenal Fungsi icon Editor yang terdapat di Postingan Blogger LENGKAP"

Berlangganan via Email