Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DISAVOW LINK GOOGLE CONSOLE DAN CARA MENGGUNAKAN

BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DISAVOW LINK GOOGLE CONSOLE DAN CARA MENGGUNAKAN


Disavow Link adalah Fitur yang akan akan membuat blog Anda terhindar dari spam link yang tidak terkait dari situs lain sehingga menyebabkan rangking pencarian Anda di Google Search Engine turun.

Backlink kenapa ditolak min, bukannya bagus?

Tidak semua backlink bagus, apalagi di era algoritma Google 2020 ini. Banyak backlink yang dianggap spam oleh Google, yang hasilnya bukan membuat peringkat website menjadi naik justru sebaliknya malah membuat peringkat turun.
Min saya masih pemula, backlink itu apa ya?
Backlink adalah link dari website lain yang mengarah ke website Anda, misal ketika Anda membuat sebuah artikel di website, kemudian link artikel Anda tadi diposting di facebook. Link website Anda yang terposting di facebook itu yang disebut dengan backlink.
“Dengan menghapus link buruk secara langsung, Anda membantu mencegah Google (dan mesin pencari lainnya) mengambil tindakan keras terhadap blog Anda lagi di masa depan” ujar Jonathan Simon, seorang pakar blog dan analis Google Webmaster. Fitur baru ini akan membantu Anda untuk menghapus spam backlink yang mengarah ke blog Anda.

“Selain itu, fitur ini juga membantu Anda untuk melindungi citra blog Anda, karena orang tidak akan lagi menemukan link spam yang mengarah ke blog Anda dan menganggap link spam itu memang kesengajaan Anda.” tambah Simon.

Google juga mempermudah kerja para blogger dengan cara Anda hanya cukup meng-upload sebuah file teks yang berisi link tersebut. Kemudian, Google yang akan mengurus sisanya. Hal ini akan sangat membantu, sehingga Anda tidak perlu menghapus satu persatu serangan link yang ditujukan dari orang lain.

Namun, Google menyarankan agar tetap berhati-hati ketika menggunakan alat ini, karena Anda bisa tidak sengaja menghapus backlink berkualitas dari blog lain. Anda bisa meminta kembali link tersebut apabila terhapus, namun proses tersebut mungkin memerlukan waktu beberapa minggu.

Jika Anda tidak mengerti bagaimana dan apa fungsi fitur baru ini, sebaiknya Anda tidak menggunakan ini secara sembarangan karena jika digunakan secara sembarangan akan menurunkan rangking pencarian Anda di Google. Anda hanya boleh menggunakan ini apabila Anda mendapat serangan backlink tidak berkualitas pada blog Anda.

Artikel ini mungkin tidak cocok untuk Anda yang baru mempelajari SEO, apa lagi untuk Anda yang baru mau belajar SEO. Tapi tidak ada salahnya jika Anda ingin mempelajarinya, mungkin akan berguna suatu saat nanti.

Kapan tools ini digunakan?

Tools ini dapat digunakan ketika Anda merasa tindakan backlink yang dilakukan berpengaruh negatif pada peringkat website, misalnya membuat peringkat website turun atau yang terburuk sampai hilang dari halaman mesin pencari. Saat itulah Anda bisa menggunakan tools ini.

BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DISAVOW LINK GOOGLE CONSOLE DAN CARA MENGGUNAKAN

BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DISAVOW LINK GOOGLE CONSOLE DAN CARA MENGGUNAKAN


Atau seperti yang terjadi pada beberapa blogger bahkan pada website awalssh.my.id ini, website kami dikirimi backlink spam oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Misi mereka tentu saja membuat website ini turun peringkat atau bahkan hilang dari halaman mesin pencari.
Semoga Allah memberi hidayah pada orang-orang seperti ini.
Ketika itu terjadi Anda bisa menolak backlink-backlink yang mereka berikan dengan menggunakan Google Disavow Links Tools ini.

Dari mana Admin tau website ini pernah dikirimi backlink spam?

Di halaman webmaster tools / Google Search Console bisa Anda cek, website mana saja yang memberikan backlink ke website kita.

BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DISAVOW LINK GOOGLE CONSOLE DAN CARA MENGGUNAKAN


Jadi sebenarnya kita juga bisa berbuat seperti ini ya mas pada website lain?
Bisa, hanya saja cara ini cara curang. Saya sangat tidak menganjurkan Anda melakukannya. Karena yang kita cari bukan hanya uang melainkan juga keberkahan. Kalau caranya seperti ini apa keberkahan akan kita dapatkan? Tentu saja tidak.
Fokus saja mengoptimasi website Anda, perbaiki semua SEO On Pagenya, penuhi semua yang dianjurkan Google sehingga bisa mengalahkan website-website pesaing.

Saat website turun dan dipastikan penyebabnya adalah backlink spam yang dikirim pesaing, maka kita bisa menggunakan tools Google Disavow Links untuk menolak backlink-backlink tadi.

Bagaimana cara menggunakannya? 
baca terus artikel ini sampai habis ya!

Indikasi kita membutuhkan Tools ini

Indikasinya website Anda mengalami penurunan peringkat, biasanya ini terjadi secara tiba-tiba. Dan penurunan peringkatnya terjadi secara tidak wajar, turunnya drastis.

Jika ini terjadi. cek lebih dahulu apa penyebabnya?

Beberapa penyebab turunnya peringkat :

  • Update algoritma google
  • Server Down
  • Website di hack
  • Pesaing melakukan optimasi yang lebih baik
  • Serangan Backlink Spam


Anda bisa cek dari daftar di atas, yang pertama cek apakah ada update algortima Google yang menyebabkan peringkat website Anda turun.

Ceknya dimana admin?


  1. Doakan saja saya selalu diberikan kelapangan rezeki dan waktu sehingga bisa terus update website ini. Setiap ada update insyaAllah akan saya infokan berikut analisa updatenya.
  2. Jika ternyata tidak ada update, maka Anda bisa cek yang kedua. Apakah servernya down? kalau ini coba saja akses websitenya. Kalau bisa diakses dan normal, berarti aman bukan ini penyebabnya.
  3. Yang ketiga cek apakah website Anda terkena hack. Untuk hosting-hosting tertentu ada layanan untuk cek masalah ini, dan biasanya mereka akan memberikan email pemberitahuan jika website Anda terindikasi terkena hack.
  4. Yang ke-empat mungkin bisa dilewati, jika hanya pesaing melakukan optimasi bisanya hanya turun satu dua peringkat.
  5. Jika ke-empat ini bukan penyebabnya berarti bisa jadi penyebabnya adalah yang kelima.yaitu website diserang backlink spam. Bagaimana cara ceknya? baca terus ya.

Cara cek apakah website terkena serangan backlink spam


  • Masuk ke Google Search Console (Google Webmaster). Syaratnya website Anda sudah didaftarkan disini, kalau belum maka percuma, datanya tidak akan tampil.


BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DISAVOW LINK GOOGLE CONSOLE DAN CARA MENGGUNAKAN


  • Klik link yang ada di menu kiri

BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DISAVOW LINK GOOGLE CONSOLE DAN CARA MENGGUNAKAN



Di bawahSitus tertaut teratas nanti ada tulisan selengkapnya, klik tulisan tersebut sehingga terbuka list website yang memberikan backlink ke wesbite Anda.

Setelah itu Anda harus cek satu-satu, mana website yang mencurigakan. Kalau Anda melakukan optimasi sendiri pastinya Anda tau website mana saja yang Anda gunakan untuk backlink, sehingga website-website yang kelihatan asing bisa Anda list untuk kemudian dimasukan ke tools disavow links.

Permasalahannya jika dulunya Anda backlink menggunakan tools, ini yang agak merepotkan. Intinya seperti itu, Anda cek satu persatu.

Backlink yang perlu ditolak :

  • Backlink dari website por**
  • Backlink dari website Jud*
  • Bcaklink dari website berkualitas rendah

Cara Menggunakan Google Disavow Links :
Untuk cara menggunakan google disavow links bisa anda baca disini MENGATASI JINGLING AUTOTEWAS DAN KAWAN KAWAN MENGGUNAKAN GOOGLE CONSOLE

Saya sendiri jelas bukan ahli. Dalam hal  ini, saya hanya memakai satu referensi utama: Google Webmaster Guideline. Kalau ada referensi lain yang bertentangan ya, tidak saya pakai.  tapi saya pribadi lebih memilih punya trafik dan hasil SERPs standar daripada trafik gila-gilaan namun memakai teknik-teknik manipulatif.

Oke, demikian ngobrol-ngobrol kita kali ini. Semoga bermanfaat. Seperti biasa, jika ada koreksi, tambahan, atau pertanyaan, mohon ajukan di kolom komentar.

Salam.



A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Berlangganan via Email