BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DAMPAK BURUK KOMENTAR SPAM DI BLOG

BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DAMPAK BURUK KOMENTAR SPAM DI BLOG

BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DAMPAK BURUK KOMENTAR SPAM DI BLOG
BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DAMPAK BURUK KOMENTAR SPAM DI BLOG


Dampak buruk Spam Komentar untuk Blog beserta ciri - ciri dan solusinya, Anda memiliki blog? banyak komentar? anda sudah bangga? sebenarnya awalnya saya juga begitu, dulu blog saya yg komen ratusan tapi apa? blog saya lama-lama mundur dari persaingan google.

Sebenarnya dari hal spamming yang biasanya kita lakukan itu sudah termasuk usaha untuk mencari Backlink atau makanan untuk memperkuat blog kita, coba kita pikir jika backlink adalah makanan, nah makanannya kan banyak tuh, ada dofollow dan sebaliknya dan bagaimana makanan itu diolah (Natural atau Nyepam sembarangan), untuk jenis makanan blog dofollow itu bisa kita bilang seperti makanan kita 4 sehat 5 sempurna, jadi jika salah satu saja yang diberikan maka gak bakalan baik.

Sedangkan jika anda makan makanan dari olahan yang kurang teruji bahkan kotor atau hal-hal yang gak baik pada makanan kita, kita kan bisa sakit kan?

nah blog juga begitu. google membuat algoritma saya rasa sekarang juga masih dipakai, untuk backlink usahakan NATURAL atau kalian sukanya yang cepet-cepet ya buat lah BACKLINK KALIAN NATURAL.

Nah lo kak saya kasi tips diluar topik ya hehe.. oke, untuk penanaman backlink gak usah brutal kayak main game yang ganas, anda perlu pelan - pelan bayi juga di kasi makan kan teratur bukan langsung di kasi banya langsung gede.


Berikut Dampak Buruk ( Negatif ) dari Spam Komentar


  • Kepercayaan Google (Search Engine Menurun)

Jika memang blog anda banyak komentar anda perlu selektif sedikit, karena jika google atau search engine lain mengetahuinya bahwa link yang di sebar pada komentar anda adalah SPAM maka, google akan memperingati blog kita dengan sedikit menurunkan kepercayaannya pada hasil pencari.

  • Blog jadi kumuh dan gak rapi 

biasanya orang-orang nyepam itu tidak tanggung-tanggung, sekali komen 1000 link , Anjirr sekali, tapi saya dulu pernah gtu hehehe...
Perlu Banyak Waktu untuk Menghapus Komentar, jika anda biarkan lama-lama ya, perlu banyak waktu untuk membersihkan SPAM Komentar anda, jadi sebelum terlambat, bisa bersihkan sekarang.

  • Komentar tidak sesuai topik

seperti yang kita tau bahwa spammer itu berkomentar di blog apa aja asal bisa naruh backlink, itu memang mudah melakukannya sulitnya kan ada banyak website yang harus kita spammerkan hehe... jika blog anda kena spam komentar yang tidak sesuai segeralah hapus karena tidak menguntungkan, merugi di kita dan para spammer juga sia-sia.

kenapa sia-sia?

ya jelas, topik beda, jadi google kecewa pada website kita dan web yang di link kan. jadi saling dirugikan.

  • Keamanan Web/blog bisa jadi sasaran

jika anda menggunakan blogger sebagai platfrom anda ya tidak usah khawatir soal ini, karena ada google yang bertanggung jawab atas keamanan blog anda, namun jika anda membuat blog sendiri atau blog yang dibuat dari 0 , itu yang berlu di khawatirkan.

  • Loading Blog jadi Kayak Siput Boros Kuota Internet

LAMBAT, tentu, karena jika blog kalian banyak Spamnya sudah pengunjung yang lain terganggu, juga membuat pengunjung anda kehabisan kuota Internet juga karena harus meload banyak komentar.


Ciri - Ciri dari Spam Komentar


Apa saya perlu jelaskan ini ? 

jika anda blogger gak usah saya kasi tau kali ya ? hehehe
karena kalian pasti pernah melakukannya, saya juga gtu . tapi demi kelengkapan artikel saya supaya tidak setengah-setengah saya buat deh ciri-ciri spam komentar  di bawah ini simak baik-baik  :

  • Selalu Kata Kunci / Keyword yang menjadi nama user

blog saya hampir semuanya isi nih, semua yang berkomentar "Jasa Pembuatan web", "Obat Kuat","Download Apalah" , maklum lah mereka juga usaha bukan? jika mereka melakukan itu artinya mereka juga belum tau tentang algoritma google sesungguhnya, tapi itu tetep berhasil loh untuk nambah backlink :D .

  • Komentarnya Panjang (2 Kata - 5 Kata)

ayo ngaku yang biasanya nyepam? mau gak berkomentar banyak? 2 baris saja lah? saya yakin pernah mencoba itu juga kalo kita tau magsud artikel dan memang kita tau juga, ya kan? Seorang Spammer biasanya agak terburu-buru. karena mereka harus NEXT BLOG untuk nyepam lagi. jadi palingan 2 KATA "Mantap GAN!!!" atau di modifikasi? "Mantep Infonya GAN!".

  • Pasti ada Link yang nyantol pada nama user atau gak komentarnya

ini jiwa dari backlink BACKLINK , kalo gak isi link?  ya bukan backlink hehehe... jadi seperti itu, gak mungkin deh gak isi link biasanya juga kalo komentar dengan akun google juga isi link (Google).

  • Gak Puas 1 Post(Artikel) yang di kometarin

Ini nih yang saya paling gak suka, orang yang sama dan di banyak artikel yang di komentarin apalagi komentarnya sama, kan blog kita kayak milik dia aja ya gak? dimana-mana ada linknya dia, itu sangat buruk untuk SEO blog kita, tau SEO? Search Engine Optimations.

  • Gak sesuai topik deh pokoknya

bikin kesel kalo banyak komentar topiknya melenceng dari artikel kita, kadang-kadang ini menguntungkan loh? kenapa gitu? jika banyak variasi Keyword (Kata kunci) , hasil di google juga berbagai target jadinya, ya kalo blog agan beruntung hehe.. dulu saya pernah gitu masalahnya.

Dampak Positif dari Spam Komentar

Eiits, jangan khawatir para spammer juga menguntungkan kita dari beberapa aspek untuk blog kita, kadang tidak selamanya buruk.

  • Pengunjung jadi merasa menemukan blog besar

hayo ngaku siapa disini yang mendapatkan blog yang banyak komentar, pasti anda merasa blog ini populer banyak pengunjungnya banyak yang komentar pokoknya top!!! keren deh :D .

  • Pengunjung tambahan walau sedikit

spammer juga pengunjung kita bukan? hanya dia nakal saja, kalo banyak yang nyepam kan anda akan memiliki trush(keparcayaan terhadap anda dari pengunjung) lagian spammer juga meyakinkan bahwa website atau blog kita bermanfaat karena ada tulisan "MANTAP GAN!!!", "THANKS INFONYA GAN" ya gak?

  • Menambah semangat ngeBLOG

kalo saya sih kurang begitu tapi saya yakin ada, karena kita merasa blog kita ada yang menganggap, bahkan banyak loh blogger menunggu untuk ada yang berkomentar :D , jadi manfaatkan juga.

Jika blog anda memiliki banyak Komentar Spam namun sesuai dengan topik anda jangan HAPUS!!! karena itu bisa dianggap sebagai referensi untuk alternatif maupun tambahan informasi untuk pengunjung anda, google sangat senang dengan hal itu..

Solusi Cara mengatasi Spam Komentar

kadang saya jadi resah nih jika banyak komentar spamming yang terjadi di blog saya, bagaimana tidak, blog saya jadi gak enak di pandang (GAK GTU JUGA sih) hehe..
  • Moderasi Komentar di aktifkan (TURN ON COMMENT MODERATION)

sok englis dikit hehe.. jika moderasi komentar di aktifkan, maka komentar yang dilakukan oleh spammer tidak akan muncul kecuali anda menyetujui bahwa komentar itu layak untuk blog anda. biasanya kalo spammer menemukan blog seperti ini, mereka akan langsung cabut (Next Blog).
  • Aktifkan Captha untuk validasi robot

sebenarnya ini sedikit menyulitkan spammer tapi sekarang spammer pantang menyerah hehe..lumayanlah untuk menahan spammer dalam waktu beberapa detik, jika spammernya lagi kurang semangat pasti gak jadi nyepam hehe.
  • Anonymous dan NAME/URL di hapus 

ini nih yang gak disukai para spammer gak bisa kasi backlink untuk nama user nya. tapi masih bisa dibacklink pada isi komentar.
Mematikan Link aktif pada komentar anda, ini biasanya sangat ampuh untuk memberi pelajaran pada spammer, link yang ditaruh berubah jadi teks biasa
Kesimpulan:Spam komentar sangat merugikan untuk hasil pencarian digoogle, dapat menurunkan kepercayaan google terhadap blog kita, namun selain itu komentar spam juga dapat memperlambat loading blog kita sehingga pengunjung berpikir 2 kali untuk mengunjungi blog kita lagi karena kuota internet cepet habis setiap mengunjungi blog kita.

Dibalik itu Spammer komentar dapat juga memberikan keuntungan seperti menambah variasi keyword atau kata kunci pencarian untuk blog kita

Silahkan beri komentar anda untuk artikel ini ya, karena saya juga perlu masukan dari anda,terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "BELAJAR BLOGGING | MENGENAL DAMPAK BURUK KOMENTAR SPAM DI BLOG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel