Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

BELAJAR BLOGGING | BERINOVASI MENJADI BLOGGER PENULIS ONLINE

BELAJAR BLOGGING | BERINOVASI MENJADI BLOGGER PENULIS ONLINE

Menjadi seorang blogger dapat juga dikembangkan untuk menumpuk pundi-pundi rupiah lewat inovasi positif menjadi Penulis OnLine di berbagai media online.
Semua orang bisa menjadi penulis, namun tidak semua orang bisa menjadi Penulis  OnLine. Penulis Lepas  ini, bilamana kita tekuni secara lebih mendalam, pastinya akan berbuah penumpukkan pundi-pundi rupiah. Profesi ini bisa kita lakukan dengan tanpa harus mengorbankan aktivitas-aktivitas rutin kita setiap hari.

Intisari kegiatan utama seorang blogger tidak dapat dilepaskan dari proses tulis-menulis ini, artinya seorang blogger yang baik tentu akan dengan mudah menuangkan ide-ide kreatifnya dalam bentuk tulisan dengan tujuan membuka wawasan baru bagi para pembacanya. 

Menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan yang terstruktur dan memiliki alur yang sistematis ini memang tidak mudah untuk dilakukan. Dalam hal ini perlu banyak proses belajar dan membaca berbagai artikel-artikel online.

Namun sebaliknya, bilamana kita telah terjun ke dunia blogger (sebagai pemilik blog yang populer), maka menjadi seorang Penulis Lepas adalah merupakan sebuah pilihan profesi yang bijak, dan tentu saja tidak terlalu membutuhkan banyak modal materi, karena profesi ini lebih berfokus kepada masalah-masalah kemampuan menulis berdasarkan struktur tata bahasa yang baik dan benar dalam rangka menuangkan sebuah ide atau pandangan terhadap sesuatu hal.

Menjadi seorang Penulis  OnLine pada hakikatnya merupakan sebuah pilihan yang positif bilamana kita bandingkan dengan hanya sekedar menulis status (yang tidak penting) di berbagai media sosial yang ada. 

Menuangkan ide kreatif lewat sebuah tulisan yang berkualitas tentunya akan mendatangkan manfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk khalayak ramai.

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa tips untuk berinovasi sebagai blogger Penulis  Online di berbagai media online, yaitu :
1. Artikel harus mewakili sudut pandangmu, bukan pribadi kamu
Ketika menceritakan tentang kehidupanmu atau tentang orang lain, tidak harus terdengar seperti benar-benar bahwa itu adalah murni dari pendapatmu sendiri. Atau ketika menuliskan artikel tentang berita di sekolahmu, kamu harus menyertakan fakta-fakta aktual di dalam artikel tersebut. Kamu tidak bisa sepenuhnya menggunakan pendapat pribadimu dalam sebuah artikel. Tetapi kamu juga bisa menuliskan pendapat pribadi meskipun tidak terlalu dominan.

2. Selesaikan tugas dengan cepat
Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa, sesegera mungkin selesaikan tugasmu. Menunda menyelesaikan tugas malah akan mempersulitmu dalam menyelesaikan tugas lainnya. Karena menulis benar-benar akan menyita waktumu. Maka selesaikan tugas yang sudah ada di depan mata, kemudian selesaikan tugas-tugas lainnya.

3. Sering lakukan penelitian
Kamu bisa melakukan banyak hal bukan. Dalam waktu 30 menit saja, bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang bisa saja kamu belum pernah dapatkan. Kamu bisa meneliti apa saja yang ada di sekitarmu dan bisa menjadi bahan dasar (thema) sebuah tulisan yang bermanfaat karena penelitianmu itu. Bagikan kepada orang lain dan kamu akan mendapatkan bonus lebih karena penemuanmu.

4. Jangan menuntut atau mengharapkan gaji yang besar
Di setiap negara, instansi, dan atau sebuah pekerjaan tentunya memiliki besaran gajinya masing-masing. Sebagai seorang penulis amatir misalnya, jangan pernah berharap ketika tulisan pertamamu langsung booming dan mendapatkan upah jutaan rupiah.
Setiap karir yang baru dimulai pasti harus melalui beberapa tahapan. Untuk menjadi seorang penulis yang terkenal harus merasakan betapa tulisannya dihargai dengan murah. Jadi jangan berharap banyak dengan gaji yang akan kamu dapatkan dengan menjadi seorang Penulis Lepas OnLine. Jangan mudah menyerah juga hanya karena sebuah angka yang tidak sesuai dengan harapan kamu.
5. Minta pendapat dari teman dan keluarga
Ketika selesai menuliskan sebuah artikel, coba tanyakan apa pendapat teman atau anggota keluargamu. Mereka adalah orang-orang terdekatmu yang mengetahui secara pasti kekurangan dan kelebihanmu. Mereka akan menilai secara jujur apa yang mereka rasakan ketika mereka membaca artikelmu.
Mereka adalah pembaca pertamamu sebelum kamu mempublikasikan tulisanmu, jika tidak ingin menuai banyak kritikan karena tulisanmu. Mereka bisa mengoreksi tulisanmu yang dirasa tidak pas dengan thema artikel yang dibuat.
6. Tulis artikel yang menyenangkan
Artikel memang harus menyenangkan. Artikel yang sudah basi dan membosankan siapa yang akan membaca? Buatlah artikel dengan bahasamu sendiri agar orang lain bisa menikmatinya tanpa merasa kantuk. Akan lebih bagus lagi jika kamu membuat artikel yang seru seperti tips-tips menjadi seorang blogger atau artikel mengenai beratnya perjalananmu ke suatu tempat tertentu.

7. Jangan mudah menyerah
Ketika kamu mengirimkan sebuah artikel, jangan berekspektasi terlalu besar. Jika beruntung, kamu akan mendapatkan redaksi yang baik yang akan memberimu upah besar atau sesuai dengan kesepakatan. Tapi bila tidak diberi sepeserpun, jangan mudah menyerah. Kamu hanya perlu meningkatkan kualitas menulismu. Berusahalah lebih keras lagi untuk mendapatkan redaksi yang pas untukmu.


Dengan tujuh tips tersebut di atas, kita dapat mencoba berinovasi menjadi Blogger Penulis  OnLine, yang pada akhirnya nanti akan mendatangkan pundi-pundi rupiah.
A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Berlangganan via Email