BELAJAR BLOGGING | BELAJAR MEMBUAT BLOG MENJADI RAPI,RESPONSIVE DAN FAST LOADING

BELAJAR BLOGGING | BELAJAR MEMBUAT BLOG MENJADI RAPI,RESPONSIVE DAN FAST LOADING

BELAJAR BLOGGING | BELAJAR MEMBUAT BLOG MENJADI RAPI,RESPONSIVE DAN FAST LOADING
BELAJAR BLOGGING | BELAJAR MEMBUAT BLOG MENJADI RAPI,RESPONSIVE DAN FAST LOADING


halo untuk para blogger, kali ini saya akan membagikan tips buat anda yang memang hobi ngeblog,untuk bagaimana caranya agar blog gratis dari blogspot terlihat menarik tentunya nyaman juga untuk dikunjungi, ingat jika anda memang ingin mempunyai blog yang bagus dan nyaman tentunya akan tidak melewatkan tips ini.
Banyak yang mempunyai blog dari blogspot sering mengabaikan kebutuhan dan kenyamanan pengunjungnya, mungkin dengan alasan kurang mengetahui atau memang belum sempat berfikir sampai disitu.
Saya sendiri menyarankan anda untuk mengutamakan konten pada blog kita, mengapa?
karena konten adalah raja "Content is King" bagaimana bisa mengartikan kepada bahwa kita harus membuat konten dalam artian sajian pada blog  untuk pengunjung kita.
Memang konten adalah raja, tetapi kalo tidak dibarengi dengan tampilannya yang bagus dan baik tentu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal tentunya, tampilan blog memang sangat penting, coba anda bayangkan dengan blog berlatar belakang hitam atau warna-warna yang mentereng atau cerah, dengan tulisannya juga cerah dan kontras, tentu akan membuat pengunjung anda terluka.

Pengunjung akan terluka melihat blog anda seperti itu, kok bisa terluka? 

karena coba deh anda perhatikan blog seperti itu, jika kita membaca konten dari blog seperti itu pasti mata akan cepat lelah karena harus berusaha untuk melihat warna-warna yang cerah, dan respon dari pengunjung anda adalah akan membaca lalu keluar secepat mungkin dari blog anda dan melupakan blog anda.

Jika anda salah satu pemilik blog seperti itu, segeralah merubah design dari blog anda, Saya memiliki banyak pengunjung walau memiliki design yang seperti itu!, bagus kalo memiliki pengunjung banyak, jika dirubah dengan tampilan yang lebih nyaman, maka mengkin saja pengunjung anda bertambah banyak.

  • Cara Membuat Tampilan blog lebih Menarik

Saya akan mengingatkan kepada anda bahwa, jika blog kita sudah nyaman dikunjungi maka, pengunjung akan kembali ke blog anda untuk mendapatkan konten terbaru dari anda, dan mereka akan selalu datang karena mereka sudah nyaman dengan blog anda, dimana anda memberikan konten yang bagus dan tentunya berguna akan sangat kuat bagi mereka untuk datang kembali, apa lagi dengan tampilan yang bagus dan nyaman blog anda pasti terlihat sempurna dimata mereka.

langsung saja kita pelajari tentang bagaimana sih cara membuat tampilan blog kita agar lebih menarik dan nyaman? oke disimak langsung dibawah ini.

1. Hapus Widgets yang kurang penting

Saya dulu sangat suka dengan widget-widget yang banyak di blog saya, dan itu adalah kesalahan yang sangat fatal untuk kita, mengapa begitu, selain dari widget anda yang membuat blog anda menjadi lambat, mesin pencari juga benci dengan blog yang lambat, dan memiliki code javascript yang banyak untuk widget anda, dimana widget yang menggunakan javascript pasti memiliki data diluar blog kita, maka dari itu blog kita akan menjadi lambat karena membuka dari alamat diluar blog kita yang terlalu banyak.

Banyak effect yang kita dapatkan jika anda menggunakan javascript, ya kalo anda menggunakan jaringan internet yang cepat, dan sinyal yang bagus bagi anda yang menggunakan provider H+, nah itu kan anda, bagaimana dengan pengunjung anda yang memiliki hal yang terbalik? 

mereka akan jenuh menunggu Loading dari blog anda. dan memutuskan untuk tidak jadi membuka blog anda dengan penuh.

Jika itu terjadi maka, anda akan jelek dimana Mesin Pencari, dimana jika anda memiliki pengunjung yang membuka blog anda dan belum terbuka penuh sudah keluar dari blog anda, maka Mesin pencari akan menyimpulkan bahwa blog anda kurang bermanfaat bagi pengunjung dan menjatuhkan anda di hasil pencarian di mesin pencari.

Maka dari itu, menggunakan widget pada blog anda mungkin bisa saja perlu namun harus ada gunanya, jika anda memasang widget seperti Jam, Ping-ping-an yang banyak, dan animasi yang banyak di kiri kanan bahkan mengikuti kursor, itu sangat-sangat tidak bagus dan pasti itu akan banyak menghabiskan paket data/kuota internet pengunjung anda, dan pengunjung anda benci itu.

Gunakan Widget yang memang dibutuhkan, seperti Visitor Counter/penghitung pengunjung, namun itu juga menurut saya kurang penting, pengunjung yang memang mencari isi dari blog anda akan tidak menghiraukan hal tersebut. maka dari itu kalau bisa tidak diisi widget seperti itu.

Widget Populer Post, Archive blog dan Recent post itu menurut saya sangat bagus dan harus diisi pada blog anda, mengapa? karena itu dapat membantu anda dalam me-navigasi pengunjung anda, mereka pasti akan lebih nyaman melihat-lihat ke berbagai halaman di blog anda jika mereka menemui widget seperti itu.

2. Tampilan Terlihat bersih dan Cepat dibuka

Tampilan yang bersih bukan berarti tidak isi apa-apa nge-blank putih gtu, bukan seperti itu yang saya magsud disini, dimana artian bersih disini, adalah blog yang tidak berisi widget yang berantakan ditaruh dimana-mana seperti dibahas di bagian pertama, dimana widget yang tidak berguna memikiki effect yang tidak kita sangka dan mungkin saja belum anda pikirkan dan sebenarnya masih banyak lagi.

Ini tentu termasuk langkah yang harus anda tentukan pada saat membuat blog, gunakan template yang bagus dan tentunya Terlihat bersih dan rapi.

Tampilan bersi disini adalah blog yang tidak menghalangi mata pengunjung dalam membaca konten atau isi dari blog anda, dimana contoh dari hal tersebut adalah iklan yang ditaruh dimana-mana yang menyebabkan pengunjung resah salah klik eh iklan, anda mendapatkan uang pengunjung mendapatkan pengalaman yang buruk dari blog anda. Pengunjung anda bakalan kapok berkunjung ke blog anda.

Memasang iklan itu memang sangat perlu bagi anda yang ingin tidak ingin menghabiskan waktu anda ngeblog dan tidak mendapatkan apa-apa, memasang iklan yang bersifat menggangu bisa anda hindari karena pengunjung anda tidak suka iklan seperti itu dan mereka akan segera keluar dari blog anda.

Jadi taruhlah Iklan anda di tempat yang tepat dan tidak menggangu pengunjung anda untuk berkunjung ke blog anda. hindari iklan yang bersifat menggangu seperti Pop-Up yang membuat pengunjung anda benci pada blog anda.

Iklan Pop up memang sering kita jumpai di blog-blog Indonesia, ya sebagaimana yang kita tahu blogger Indonesia memang cenderung nge-blog untuk uang bukan untuk hobi ataupun berbagi.

Situs yang menggunakan pop up tersebut biasanya situ yang ilegal, jika anda pernah kesitus yang benar-benar baik dan bagus itu pasti anda tidak akan ketemu iklan pop up, palingan anda menemui pop up yang berisi Langganan Email itu memang terlihat menggangu namun itu juga bagus bagi anda yang memang suka dengan situs tersebut.

Selain iklan pop up, ada juga iklan yang membuka di new-tab tanpa persetujuan dari kita, nah iklan ini sama dengan telah menghabiskan kuota internetan pengunjung anda, maka dari itu, iklan seperti itu juga disimpulkan mengganggu dan sangat tidak disukai pengunjung.

Menggunakan Iklan seperti itu tidak bagus dan iklan tersebut tidak dapat membuat blog anda menarik. bahkan malah dijauhkan.

Saran saya gunakan iklan yang seperti banner, iklan text yang dimana tidak mengganggu pengunjung anda, tidak mencul mendadak didepan layar dan menghalangi konten atau isi dari blog anda.

Dan satu lagi, dalam membuat blog, hal yang harus di perhatikan juga adalah blog anda harus bisa cepat dibuka, seperti pada tips no 1 yang membahas tentang widget disana juga membahas tentang effect dari Cepat tidaknya blog anda dibuka. jika blog anda lambat pengunjung akan kabur dan melupakan blog anda.

3. Jarak Spasi Baris pada tulisan

Jarak Spasi antar baris juga dapat membuat blog anda menarik, Ini mungkin tidak perlu untuk anda yang memiliki template blog yang bagus, karena dimana template blog yang memang bagus dan pemiliknya serius membuatnya tentu hal ini diperhatikannya.

Jarak Spasi baris ini sangat penting untuk kenyaman pengunjung anda dalam membaca tulisan yang berada di blog anda. coba deh anda baca tulisan ini :


BELAJAR BLOGGING | BELAJAR MEMBUAT BLOG MENJADI RAPIH

Apa yang anda rasakan setelah membaca tulisan diatas? biasa? bagaimana jika ada puluhan paragraf tulisan seperti itu yang anda baca? 

mungkin anda bingung, mari kita bandingkan dengan tulisan di bawah ini :

BELAJAR BLOGGING | BELAJAR MEMBUAT BLOG MENJADI RAPIH
Bagaimana? tulisan pada kedua gambar diatas adalah sama, namun memiliki format Spacing yang berbeda, lihat gambar kedua, jika anda baca tulisan dengan spasi seperti itu anda akan tetap nyaman, namun pada gambar pertama mungkin mata anda akan memberitahu bahwa mata anda lelah untuk membaca tulisan seperti gambar pertama.

Bagaimana cara saya untuk mengatur spasi pada blog saya?, Jika memang blog anda memiliki format spasi yang kurang bagus mungkin anda bisa perbaiki dengan cara di bawah ini :

  • Cara memberi format spasi pada tulisan blog
1. Pertama anda harus masuk ke dasboard blogger dulu, kesini.
2. Kedua anda cari menu template >> Edit Template >> cari ".post-body" bisa dengan cara CTRL + F ketikan .post-body
3. Akan terlihat code CSS :

Coba anda perhatikan, ada tulisan/baris code yang bertuliskan "Line-Height" ada angka 1.5, itu adalah standar dari line spasi untuk tulisan, jadi jika anda tidak menemukan tulisan tersebut, anda bisa menambahkan seperti gambar diatas tersebut.

Gunakan angka 1.5 sampai 2.0 untuk line spasi pada blog anda. karena jika terlalu kecil maka jarak antar tulisan di bawahnya akan terlalu dekat, dan jika sebaliknya maka akibatnya juga sebaliknya tulisan di bawahnya akan berjarak lumayan jauh.

untuk urusan format spasi sudah selesai. coba cek blog anda apakah ada perubahan, jika dirasa kurang dekat maka nilainya tinggal dikurangi, jika merasa terlalu dekat, maka nilainya bisa di besarkan.



4. Jenis Font atau huruf pada tulisan dan Ukurannya

Jenis font ini juga penting, dimana jenis font juga terpengaruh untuk kenyamanan pembaca anda, untuk jenis font sebenarnya tergantung selera kita dalam diri, jadi saya tidak dapat mengatur anda untuk harus menggunakan font, apa, jadi anda tinggal tentukan jenis huruf/font apa yang menurut anda cocok untuk blog anda.

Pakai font yang familiar atau memang sering digunakan pada internet, seperti :
  1. sans serif
  2. open sans
  3. verdana
  4. roboto, dan 
  5. segoe ui 
banyak lagi font yang keren dan sangan awesome untuk blog anda, jadi anda tinggal ketik di mesin pencari, "Font Terbaik untuk website" atau "Font yang bagus untuk website" dan masukan ke dalam blog anda.

Ukuran Font juga sangat penting untuk blog anda, dimana font ini menentukan ukuran dari setiap headling sampai paragraf pada blog anda, anda bisa gunakan contoh dari banyak situs website yang memang sudah terkenal, seperti situs berita maupun toko online.

Gunakan ukuran font yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil, magsudnya gunakan ukuran font yang tidak terlalu menggunakan banyak ruang, dan juga tentu agar jelas dibaca tidak terlalu kecil.

Tahap ini juga anda harus perhatikan ketika membuat blog, karena dari awal anda sudah menentukan ini, maka anda akan memberikan kenyamanan membaca dari pengunjung pertama anda.

Jadi semua dari ukuran sampai font yang anda gunakan bisa anda pilih sendiri, karena jika anda memilih font dan ukuran yang menurut anda bagus dan tentunya tidak terlepas dari apa yang saya katakan diatas, maka dari itu, itulah suatu ciri khas dari blog anda.

5. Gunakan Gambar untuk konten anda

Gambar memang sangat ampuh untuk menarik mata pengunjung anda, kita bisa gunakan gambar secukupnya saja, karena dimana jika terlalu banyak ataupun terlalu sedikit itu tidak baik, hehehe...

Dalam membuat blog, anda tentu tidak luput dengan gambar-gambar yang ada pada logo, icon dan lain-lain begitu juga dengan isi konten anda.

Jika anda menggunakan banyak gambar, tentu berefek pada tips no 2, dimana loading blog kita bakalan menjadi lambat dikarenakan memproses gambar yang banyak, jadi itulah dimana saya mengatakan pada paragraf pertama pada tips ini untuk gunakan gambar secukupnya saja.

Bagaimana jika gunakan sedikit gambar saja? 

ya, boleh-boleh saja, semuanya boleh sebenarnya, tapi jika memang konten anda tidak memerlukan ilustrasi gambar ya boleh saja tidak diisi ilustrasi gambar, jika konten anda memerlukan gambar ya sebaiknya diisi, itu juga dapat membantu pengunjung anda untuk mengerti apa yang anda magsudkan dan juga memanjakan mata pengunjung.

Terlalu sedikit itu tidak bagus, coba deh anda bayangkan, konten dengan tulisan 2000 kata, hanya berisi gambar 1 saja?

pengunjung anda akan merasa bosan, tidak ada hiburan mata untuk membaca tulisan anda.

Jika anda ingin menyampaikan sesuatu yang memang merupakan topik yang baru pada artikel anda, sebaiknya anda menggunakan gambar agar pengunjung anda langsung mengetahui bahwa apa yang anda magsud dalam konten anda.

6. Judul yang relevan dengan isi konten

Coba anda bayangkan jika anda mencari sesuatu, dan ada judul tulisan yang cocok dengan apa yang anda cari, lalu anda klik dan keluar isi dari judul tersebut ternyata isinya mambahas tentang hal lain bahkan tidak ada kaitanya dengan apa yang anda cari.

Bagaimana perasaan anda melihat kasus seperti itu? pasti anda akan merasakan kesal, marah, jengkel, marah, jengkel, kesal, gak suka dan lain sebagainya, jadi menurut saya anda sudah tau apa yang saya magsudkan dari tips ini.

Pada halaman depan blog anda, terdapat banyak judul konten kan? nah maka dari itu anda pasti tidak membahas yang lain dari setiap konten anda kan? ya memang sebaiknya begitu, tetapi banyak orang yang menggunakan judul yang berbeda yang tidak ada hubungannya dengan isi dari konten, yang bagaimana itu tujuannya hanya untuk menarik pengunjung saja.

Effeknya apa? 

ya para pengunjung anda bakalan kecewa dan saya yakin gak bakalan kembali ke blog anda lagi, karena sudah anda kecewakan, dari sana kita sudah bisa menyimpulkan bahwa membuat Judul itu yang ada hubungannya dengan isi kontennya (Relevansi) ini sangat penting, jangan coba-coba untuk mengecoh pengunjung, karena itu merupakan masalah besar untuk kedepannya.

Anda harus dari awal ketika membuat blog, anda harus memikirkan konten yang akan anda taruh diblog anda, dan tentunya juga tentang relevansi dalam blog anda.

Tidak hanya Relevansi atau kecocokannya, isi dari konten anda harus memang benar-benar membantu pengunjung untuk memcahkan masalah yang dialami oleh pengunjung anda, maka dari itu Artikel ini juga saya harap dapat memecahkan masalah anda, walaupun sedikit hehehe...

Mungkin 6 Tips dari saya ini kali ini udah cukup untuk anda praktekan dulu, tunggu saja tips selanjutnya, jangan ragu untuk berkomentar ya..!
saya akan balas sesegara mungkin.
Kesimpulannya adalah Gunakan Font yang menarik dan ukuran yang tepat untuk blog anda, gunakan template yang bersih tidak terlalu banyak campuran warna, buatlah artikel yang memang membantu pengunjung anda dan jangan pernah untuk menipu dan mengecoh pengunjung anda.
Semoga tips ini membantu dalam perjalanan blogging anda selama ini, dengan cara membuat tampilan blog lebih menarik ini akan membuat pengunjung anda nyaman berada di blog anda.
Jika ada tambahan yang mungkin saya belum tau anda bisa berkomentar dibawah ini,  disini kita bisa sharing apa saja, kita pasti memiliki kekurangan dan kelebihan jadi kita hanya bisa bersyukur atas apa yang diberikan tuhan.

Belum ada Komentar untuk "BELAJAR BLOGGING | BELAJAR MEMBUAT BLOG MENJADI RAPI,RESPONSIVE DAN FAST LOADING"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel