Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Internet - Mengenal VPN terobosan baru wireguard dan shadowsock



Jason Donenfeld mengumumkan peluncuran WireGuard, generasi baru tunnel jaringan yang aman sebagai pengganti OpenVPN.
Menurut Jason, OpenVPN sangat populer, tapi ia sangat lambat karena berjalan di userspace dan memiliki bug di stack SSL/x509.
“Saya memulainya dari awal, dan menulis hal yang sangat sederhana, namun powerful dan aman secara kriptografi, sebagai pengganti, dengan sekitar 4000 baris kode, yang dinamakan WireGuard.” Tulis Jason. “Ini lebih sederhana dibanding apapun sebelumnya, dengan pertukaran peer public key pendek Curve25519 seperti SSH.”
Ia juga menambahkan, interface network yang aman bisa dibuat maupun dihapus dengan perkakas ip-link dan ip-address, selanjutnya akan ditangani oleh kernel.
Jason berminat menjadikan WireGuard sebagai proyek upstream kernel Linux. Kemarin ia menjelaskan WireGuard secara panjang lebar di LKML.
“Hari ini (28 Juni -red) saya menulis surel ke LKML dan netdev untuk David Miller, pemelihara network subsystem. Ia (WireGuard -red) belum siap untuk [PATCH], tapi ia sudah mendapatkan umpan balik pertamanya dari mereka, jadi saya siap mengerjakan untuk upstream.” Ungkap Jason di HackerNews.
Segala informasi mengenai proyek yang dirilis dengan lisensi GPLv2 ini bisa dilihat di laman wireguard.io


Kalau Anda pernah merasa tertarik dengan Tembok Api Besar Cina, Anda kemungkinan sudah mendengar tentang Shadowsocks. Ini sering kali dikelirukan sebagai sebuah teknologi yang berdasarkan pada VPN — tetapi sungguhpun beberapa dari fungsi-fungsinya saling tumpang tindih, Shadowsocks dan VPN adalah dua hal yang benar-benar berbeda.
Artikel ini akan membantu Anda memahami berbagai aspek dari kedua teknologi tersebut. Kami juga akan memberikan Anda ulasan singkat keunggulan dari masing-masingnya, lengkap dengan skenario atas di mana kemungkinan Shadowsocks lebih cocok dibandingkan dengan VPN, dan sebaliknya.

Apakah Shadowsocks itu?

Proyek proxy berbasiskan SOCKS5, Shadowsocks merupakan sebuah perantara yang terutama dirancang berkenaan dengan menerobos sensor. Pertama kali dirilis tahun 2012 oleh penciptanya, seorang pemrogram dari Cina dengan nama samaran “clowwindy”.
Tahun 2015, pemrogram ini mengumumkan bahwa mereka telah mengundurkan diri dari proyek ini dikarenakan mereka telah dihubungi oleh polisi. Sejak itu, Shadowsocks sudah berkembang dan dikelola oleh sejumlah kolaborator.

Bagaimana Shadowsocks Berbeda dengan VPN?

Ada satu kesamaan besar antara VPN dan Shadowsocks — kemampuannya untuk menghubungkan Anda dengan situs web tertentu yang biasanya tidak terjangkau karena sensor dari pemerintah, blokir geografis, atau lainnya.
Melihat dari tujuan semula untuk menerobos Tembok Api Besar Cina, Shadowsocks berfokus pada berkelit dari pembatasan lalu lintas data . Sarana ini memanfaatkan HTTPS, dengan begitu akan menyamarkan lalu lintas datanya sehingga dapat maju menerobos langkah-langkah sensor yang dicanangkan.
Tidak seperti VPN, Shadowsocks tidak dirancang untuk privasi dan anonimitas. Sementara VPN menyandikan/enkripsi semua lalu lintas data selama diaktifkan, paket-paket data pada Shadowsocks itu “terbuka” — ya begitulah, tidak dienkripsi. Ide utama di balik ini adalah untuk membuat data Anda terlihat persis seperti lalu lintas HTTPS, jadi dapat bergerak bebas tanpa terkungkung.
Sebab penggunaannya akan proxy SOCKS5, Shadowsocks tidak mengirimkan semua lalu lintas melalui server, berbalikan dengan VPN. Dan berlawanan dengan proxy SOCK5 ssh tradisional, Shadowsocks bekerja dengan beberapa koneksi TCP. Hasilnya adalah kecepatan yang jauh lebih gegas dibandingkan dengan pesaingnya.

Manfaat Shadowsocks

Keuntungan terbesar dari Shadowsocks adalah kemudahan pemasangannya. Teknologinya sederhana dan kemampuan proxy-nya yang tidak membutuhkan waktu lama untuk dipersiapkan dan sangat cocok untuk mengakses konten terbatas/terlarang.
Keuntungan lain dari Shadowsocks adalah penyamaran selektifnya atas lalu lintas dataAnda dapat memilih bagian mana dari lalu lintas Anda yang terpengaruh oleh Shadowsocks — hal ini memungkinnya untuk mengakses konten terbatas baik di dalam maupun di luar lokasi Anda.
Kita ambil skenario berikut ini sebagai contoh: Anda berada di Cina dan Anda ingin mengakses GmailDengan menggunakan Shadowsocks, Anda dapat memilih lalu lintas Gmail untuk “dikamuflase”, sehingga menerobos blokir pemerintah Cina.
Namun, Anda akan tetap bisa mengakses situs web hanya-Cina. Sebagai perbandingan, VPN akan mengenkripsi semua lalu lintas data ke server pilihan Anda, jadi membuat situs-situs khusus Cina tidak tersedia pada perangkat yang sama.
Yang terakhir namun tidak kalah penting, Shadowsocks sangat sulit — kalau tidak mustahil — untuk dideteksi dan diblokir. Menyembunyikan lalu lintas data untuk membuatnya seolah-olah tampak sebagai HTTPS adalah alasan utama untuk hal itu.
Di sisi lain, modus operandi VPN dan popularitasnya yang sangat besar membuatnya lebih mudah bagi pemerintah dan platform untuk memblokir teknologi ini atau memaksa perusahaan-perusahaan besar untuk menghapuskan produk VPN dari toko-toko mereka (Apple menghapuskan aplikasi VPN dari App Store Cina sebagai contoh).

Memahami Model Ancaman

Meskipun Shadowsocks merupakan teknologi yang hebat untuk menerobos konten dengan restriksi, fungsionalitasnya sudah melebihi yang dibatasi. Dengan demikian, superproxy ini merupakan opsi yang dapat diterapkan bila cocok dengan model ancaman tertentu — yakni ISP Anda.
Apakah model ancaman itu? Singkatnya, itu adalah alasan pertama mengapa Anda mencari VPN, VPS atau proxy DNS. Ada banyak aspek dari internet yang mungkin meminta level keamanan yang lebih tinggi — contoh-contoh dari model ancaman adalah hotspot WiFi publik, masalah-masalah terkait ISP seperti pemantauan dan pencatatan data, menjaga identitas online Anda tetap tersembunyi, dll.
Karena Shadowsocks tidak membantu privasi dan keamanan online Anda, merupakan pemikiran bagus untuk menggunakannya jika perhatian utama Anda hanya untuk mengatasi masalah sensor.
Model ancaman lainnya yang menyangkut penjagaan identitas Anda agar tetap tersembunyi dengan baik di internet, adalah area yang tidak mampu ditangani Shadowsocks. Orang boleh membantah kalau sarana ini tidak dirancang untuk fungsionalitas seperti itu, dan kami setuju. Di sinilah tempatnya VPN mengungguli Shadowsocks.

Kapan VPN Menjadi Pilihan Terbaik?

Bila dibandingkan dengan Shadowsocks, VPN merupakan teknologi “arus utama”. Teknologi ini menyebar luas dan daya gunanya terdokumentasi dengan baik dan tidak dapat disangkal lagi.
Bila Anda tengah mencari sesuatu yang akan memproteksi identitas Anda secara online sambil menghilangkan sepenuhnya jejak kaki online Anda, VPN merupakan alat yang wajib untuk Anda. Tidak perlu disebutkan lagi bahwa tidak semua VPN yang ada sempurna adanya — dengan sangat berlimpahnya jumlah penyedia layanan ini cukup membuktikan kalau ada layanan VPN baik yang solid ataupun yang tidak meyakinkan di pasaran.
Namun, dengan melakukan sedikit riset, Anda dapat memastikan kalau Anda membuat pilihan yang tepat. Kami telah meninjau beberapa dari VPN terbaik yang sekarang tersedia, dan kami membuat daftar dari penyedia layanan yang paling andal untuk privasi, keamanan, dan aksesibilitas Anda yang terjamin di internet.


A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Posting Komentar untuk "Trik Internet - Mengenal VPN terobosan baru wireguard dan shadowsock"

Berlangganan via Email