Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Internet | Cara mudah Menggunakan Shadowsocks Cloak di Android

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara menggunakan shadowsocks cloak di Android beserta cara menginstallnya. Seperti yang kita ketahui, cloak ini adalah salah satu plugin shadowsocks yang saat ini banyak digemari banyak orang karena fungsinya yang menarik. Namun bagi kalian yang masih bingung tenang saja, saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang plugin ini pada kalian.
Image result for shadowsocks

Apa itu Cloak ?

Cloak atau Jubah merupakan jenis pakaian longgar yang dikenakan di atas pakaian dalam ruangan dan memiliki tujuan yang sama dengan mantel. Tujuannya adalah melindungi pemakai dari dingin, hujan atau angin misalnya, atau mungkin membentuk bagian dari pakaian atau seragam yang modis.
Haha, tapi bukan cloak atau jubah seperti diatas yang akan kita bahas pada artikel ini. Yang akan kita bahas adalah Cloak pada shadowsocks.
Cloak ini sendiri merupakan salah satu plugin yang ada pada shadowsocks dan memiliki fungsi untuk mem-bypass internet censorship dan firewall yang dipasang ISP. Cara kerjanya dengan menyamarkan internet traffic sebagai traffic HTTPS normal ke situs web yang tidak diblokir melalui fronting domain dan menyamarkan server proxy sebagai server web biasa.
Cloak melipatgandakan semua lalu lintas melalui jumlah tetap koneksi TCP yang mendasarinya. Hal ini bertujuan menghilangkan overhead handshake TCP saat menggunakan vanilla Shadowsocks. Cloak juga menyediakan manajemen pengguna, yang memungkinkan banyak pengguna untuk terhubung ke server proxy menggunakan satu port tunggal . Ini juga menyediakan kontrol QoS untuk pengguna individu seperti mengunggah dan mengunduh batas kredit, serta kontrol bandwidth.
Untuk pengamat eksternal (seperti GFW), Cloak sepenuhnya transparan dan berperilaku seperti server HTTPS biasa. Ini dilakukan melalui beberapa mekanisme kriptografi . Ini menghilangkan risiko terdeteksi oleh analisis lalu lintas dan / atau penyelidikan aktif.
Baiklah saya rasa sudah cukup penjelasannya, selanjutnya saya akan memberikan cara menggunakan shadowsocks cloak di android beserta cara menginstallnya.

Cara Menginstall dan Menggunakan Shadowsocks Cloak di Adroid

  • Download dan install terlebih dahulu Sadowsocks beserta Plugin Cloaknya pada smartphone Android kalian.
  • Buka aplikasinya dan klik icon tambahkan config pada bagian kanan atas, kemuadian pilih manual setting


shaowsocks config
shaowsocks config

  • Kemudian isi data seperti pada gambar berikut sesuai dengan data akun shadowsocks yang kalian miliki.


shaowsocks config
shaowsocks config

*keterangan:

  • Server : IP/host shadowsocksRemote 

  • port : listen port server shadowsocksPassword : password server shadowsocksEncrypt  

  • Methode : metode enkripsi yang digunakan pada server shadowsocks
  • Jika sudah, silahkan scroll ke bawah dan temukan plugin, silakan pilih plugin Cloak (ck-client) dan klik configure.
  • Kemudian isi kembali data seperti pada gambar berikut sesuai dengan data akun shadowsocks (cloak plugin) yang kalian miliki agar dapat terhubung ke server shadowsocks.


shadowsocks cloak config
shadowsocks cloak config

  • Langkah terakhir adalah kalian tinggal klik tinggal klik icon start/connect yang ada di bagian tengah bawah.


start shadowsocks cloak
start shadowsocks cloak

NB: Bagi kalian yang belum memiliki akun shadowsocks cloak, kalian tidak perlu khawatir karena saya sudah menyediakan akunnya untuk kalian coba.  Silakan download akun shadowsocks cloak melalui link di bawah ini.

Setelah melalui langkah-langkah di atas, berarti kalian telah berhasil menyambungkan koneksi ke server shadowsocks yang menggunakan plugin cloak. Kini kalian sudah bisa berinternet ria tanpa adanya pembatasan berupa censorship/firewall dari ISP/operator yang kalian gunakan.
Jika kalian menggunakan plugin tersebut dengan tujuan untuk berinternetan secara gratis, silakan ubah bagian Server Name host (bug host) yang masih bisa kalian akses pada keadaan tersebut. Ingat, ini mungkin tidak berfungsi untuk beberapa operator atau ISP internet yang tersedia untuk saat ini. Dan tidak menutup kemungkinan juga jika trik tersebut akan mati/tidak berfungsi pada suatu saat nanti karena adanya perbaikan bug.
A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Posting Komentar untuk "Trik Internet | Cara mudah Menggunakan Shadowsocks Cloak di Android"

Berlangganan via Email