Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI CPNS | SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN CPNS TKP 2020 BAG. 1

SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN CPNS TKP 2020 BAG. 1 - Kali ini kami bagikan soal latihan cpns Tes Karakteristik Pribadi beserta jawaban dan pembahasannya, sebagai bahan persiapan mengikuti tes cpns. Berikut ini soal dan pembahasannya untuk Anda gratis.


1.Ketika di Kantor, anda tiba-tiba ingin mencetak 3 lembar data-data pribadi, yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Maka.....
A. Anda langsung saja mencetak di Kantor.
B. Anda mencetak di Kantor, namun dengan memakai kertas anda sendiri.
C. Anda mencetak di Kantor, namun menunggu setelah jam kerja selesai.
D. Anda mencetak di rumah saja memakai printer sendiri.
E. Anda mencetak di Kantor pada saat printer tidak dipakai.

Pembahasan: DCEBA : 54321

Aspek : Profesionalisme

Soal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana anda profesional dalam menggunakan fasilitas yang ada di Kantor tempat anda bekerja. Sebaiknya anda mencetak data pribadi anda di Rumah saja, karena itu tugas pribadi anda yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan kantor anda.

2. Teknologi informasi saat ini sangat berkembang pesat dan dan sangat bermanfaat untuk mempermudah penyampaian informasi di perusahaan anda, tetapi disamping manfaat ternyata juga banyak hal negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan teknologi informasi tersebut. Salah satunya adalah dapat disalahgunakan oleh karyawan anda untuk hal-hal yang bertentangan dengan tujuan perusahaan hal ini tentu akan memberikan dampak yang buruk pada perusahaan anda jika dibiarkan begitu saja. Bagaimana sikap anda sebagai seorang pimpinan di perusahaan tersebut....
A. Mempelajari teknologi informasi tersebut kemudian menerapkan pada perusahaan.
B. Menerapkan pada perusahaan untuk memudahkan komunikasi dan informasi antara departemen.
C. Membuat batasan-batasan pada teknologi informasi tersebut agar tidak disalah gunakan kemudian menerapkannya pada perusahaan.
D. Akan mempelajari, membuat batasan-batasan kemudian menerapkan pada perusahaan.
E. Mencari informasi tentang cara penggunaan teknologi informasi tersebut dan bagaimana membuat batasan dan menerapkan pada perusahaan.

Pembahasan: CEDAB : 54321

Aspek : Teknik Informasi dan Komunikasi, Kemampuan bekerja berkelanjutan.

Indikator gemar belajar untuk pengembangan, berfikiran maju dan mengimplementasikannya, masalahnya adanya penyalahgunaan teknologi informasi oleh karyawan, agar hal tersebut tidak terjadi tentu kita harus berfikir maju dan jauh kedepan dengan cara membuat batasan-batasan tertentu dan opsi yang paling cepat bisa dilakukan adalah opsi C.

3.Ketika atasan anda tidak ada di Kantor karena ada kesibukan di luar kantor. Teman anda mengajak untuk sedikit bersantai sambil mengobrol-ngobrol santai menceritakan pengalaman dia dengan pacarnya. Bagaimana dengan anda.....
A. Tetap di meja dan menyelesaikan pekerjaan anda
B. Mengikuti ajakannya dan bersantai
C. Ragu-ragu
D. Jika memang tidak ada yang mengawasi boleh saja bersantai
E. Memarahi teman dan menyuruh semuanya bekerja

Pembahasan: ADCBE : 54321

Aspek : ProfesionalismePada soal ini bertujuan untuk mengetahui profesionalitas anda dalam bekerja ketika pimpinan anda tidak ada di kantor.

4.Anda mendapatkan pekerjaan sebagai perawat di salah satu rumah sakit. Akan tetapi Anda sering mendapatkan jadwal sift malam dan pulang pagi. Agar tidak menimbulkan kecurigaan para tetangga atas pekerjaan Anda tersebut. Sikap anda….
A. Menjelaskan kepada tetangga ketika saya pulang sift malam.
B. Bersilaturahmi kepada semua tetangga dan menjelaskan pekerjaannya.
C. Berantipati terhadap sikap tetangganya yang sombong.
D. Bercerita kepada tetangga mengenai pekerjaannya.
E. Bergabung dengan tetangga ketika memerlukan bantuan dan menjelaskan pekerjaan Anda.

Pembahasan: BDAEC
Sosial Budaya

Bersilaturahmi dengan tetangga" baik melalui kegiatan karang taruna atau kegiatan yang lain dan menjelaskan pekerjaan kita.

5.Suatu hari, Anda dihadapkan pada seorang pasien yang menderita DBD, akan tetapi mereka tidak memiliki biaya untuk membayar biaya administrasi dan biaya pengobatan yang memang sudah ditetapkan sebagai prosedur pelayanan dan menjadi standar kepatuhan dari Rumah Sakit sedangkan fasilitas kesehatan yang mereka miliki sudah menunggak hampir 10 bulan dan belum dilunaskan karena tidak memiliki biaya semenjak ayah mereka meninggal dunia. Sebagai petugas kesehatan, yang Anda akan lakukan adalah …
A. Tetap mengikuti prosedur yang berlaku karena prosedur itu sudah memiliki standarnya sendiri dan sudah disahkan oleh pihak rumah sakit.
B. Menyarankan pasien untuk berobat ke klinik agar biayanya lebih terjangkau dan bisa dibayar belakangan untuk memperhatikan aspek keselamatan pasien.
C. Meminta izin kepada pihak rumah sakit untuk memberikan pelayanan khusus kepada pasien mengingat keadaan pasien yang perlu segera mendapatkan pertolongan.
D. Membayar biaya administrasi dan pengobatan pasien terlebih dahulu agar dapat ditangani oleh rumah sakit.
E. Memberikan obat yang sesuai dengan penyakitnya dan memberikan masukan untuk di rawat di rumah saja untuk meminimalisir biaya karena prosedur di rumah sakit sudah mengatur semua ketentuan.

Pembahasan: 54321 : DECBA
Pelayanan publik.

Mendahulukan rasa empati kepada pasien yang kritis (DBD) agar cepat ditangani terlebih dahulu sehinnga harus segera ditangani.

6.Anda adalah seorang pengajar salah satu bidang mata pelajarn disebuah sekolah besar di kota anda. Anda sangat lihai dalam berbicara dan menjelaskan tentang sebuah permasalahan. Maka kepala sekolah memberikan anda tugas lain untuk melatih karakter Pribadi setiap guru ditempat anda mengajar dan anda mengindahkan perintah tersebut tersebut. Namun lama kelamaan semakin banyak perintah yang dilakukan atasan untuk anda yang memang jauh dari basic anda pribadi, bagaimana andamenyikapinya..
A. Saya akan memohon untuk kepada atasan untuk memilih materi apa saja yang dapat saya laksanakan.
B. Saya akan siap dengan segala perintah yang diberikan atas untuk menambah wawasan diri saya, kualitas diri saya, karena saya sadar semua itu adalah suatu keharusan dalam bekerja setelah uang.
C. Saya akan sangat senang mendapat tugas diluar bidang saya dan saya yakin akan berguna suatu saat nanti.
D. Menyelesaikan semua tugas yang diberikan dengan cepat sehingga dikenal sebagai karyawan yang sregep.
E. Jika diluar kemampuan saya maka saya akan menolak tugas tersebut dengan halus.

Pembahasan: 54321 : CADEB
Profesionalisme.

Sebagai seorang pegawai yang profesional kita harus siap dan menambah kualitas dan meningkatkan diri kita.

7.Anda merupakan seorang karyawan pada sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang transportasi. Siang ini akan diadakan sebuah diskusi singkat dengan pimpinan perusahaan. Semua karyawan diminta untuk memberikan usulan terkait peningkatan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kedepannya agar banyak dari customer yang memakai jasa perusahaan anda. Sikap anda....
A. Memberikan usulan jika ingin meningkatkan pelayanan, perusahaan harus memenuhi semua hal yang diinginkan oleh pelanggan tanpa terkecuali.
B. Mengusulkan adanya jalur khusus untuk ibu hamil dan menyusui dan para lansia.
C. Mengusulkan agar pada hari libur masal biaya tiket didiskon hingga 50% sehingga banyak dari pelanggan yang akan menggunakan jasa perusahaan anda.
D. Memberikan usulan agar perusahaan menyediakan fasilitas khusus bagi ibu hamil, menyusui dan lansia.
E. Menyusulkan agar alat transportasi yang digunakan selalu bersih dengan cara merekrut karyawan baru dengan gaji tinggi.

Pembahasan: DECBA : 54321

Aspek/indikator : Pelayanan publik

Indikator memberikan pelayanan terhadap pelanggan secara cepat dan mengerti kebutuhan pelanggan tapi disesuaikan dengan sop perusahaan, permasalahan ingin meningkatkan pelayanan, opsi D adalah opsi yang paling mungkin dengan memberikan fasilitas khusus kepada golongan ibu hamil, menyusui dan lansia agar merasa nyaman pada saat perjalanan. Jangan terjebak pada opsi A itu bukan jawaban yang diinginkan, perusahaan sudah punya sop jadi standar layanannya.

8.Bagaimana pendapat anda tentang ketegasan?
A. Tegas tetapi juga peka
B. Tegas namun fleksibel dan dapat mengikuti situasi
C. Tegas dan mutlak
D. Tegas untuk iya atau tidak
E. Tegas tanpa memperhatikan perasaan

Pembahasan: DBAEC : 54321

Aspek : Kemampuan menggerakkan/mengkoordinir orang lain.

9.Siang ini anda sedang melayani banyak nasabah di Kantor anda, antrian cukup panjang. Kemudian ada seorang kakek-kakek umur 70 tahun juga ikut mengantri. Karena terlalu lama dan antrian panjang, kakek tersebut meminta untuk dilayani terlebih dahulu. Sikap anda....
A. Minta maaf, meminta kakek tersebut untuk antri sesuai dengan nomor antrian.
B. Minta maaf, meminta untuk tetap antri karena pelayanan disadarkan kepada jadwal kedatangan.
C. Langsung melayani kakek tersebut karena dia sudah tua.
D. Melayani kakek tersebut kemudian memberikan pengertian kepada pelanggan yang lain.
E. Memberikan pengertian kepada yang lain dan melayani kakek tersebut.

Pembahasan: EDCAB : 54321

Aspek : Orientasi pada pelayanan

Kita harus memberikan pelayanan yang baik, cepat dan berorientasi kepuasan pelanggan. Dalam kasus di atas kita boleh mendahulukan kakek tersebut, dengan menjelaskan kepada yang lain terlebih dahulu agar mereka juga merasa dihargai. karena Pada pelayanan wanita hamil, lansia, ibu menyusui mendapatkan prioritas utama pelayanan.

10.Hari Senin ini Anda melaksanakan dinas luar ke suatu desa adat. Di desa tersebut Anda di jamu dengan makanan yang dalam agama Anda makanan tersebut dilarang untuk dimakan. Sikap Anda....
A. Memakan makanan tersebut sebagai wujud toleransi
B. Tidak memakannya dan menanyakan manfaat makanan tersebut bagi kesehatan
C. Memakan sedikit makanan tersebut untuk menghormati
D. Tidak memakan makanan tersebut dan menanyakan hal lain tentang adat dan kebudayaan desa tersebut agar lebih memahami kebiasaan-kebiasaannya
E. Tidak memakan makanan tersebut dan memberikan arahan agar mereka juga tidak memakannya karena dilarang agama

Pembahasan: 54321 = DEBCA

Topik : Sosial budayaPilih opsi yang mencerminkan tindakan toleransi yang logis.

11.Anda bertugas sebagai pustakawan yang mana perpustakaan adalah tempat untuk mendapatkan informasi dan mengembangkan pengetahuan. Di tempat ini pengunjung wajib menjaga ketenangan agar tidak mengganggu pengunjung yang lain. Namun demikian, ada saja pengunjung perpustakaan yang berbicara terlalu keras sehingga suasana perpustakaan menjadi gaduh. Kejadian ini memotivasi anda bertindak karena ada hak pengunjung lain yang harus dibela. Tindakan anda...
A. membuat aturan yang menyatakan larangan membuat kegaduhan beserta sanksinya
B. Membuat aturan yang menyatakan larangan berbicara di area perpustakaan
C. Membuat persyaratan bagi orang yang akan masuk perpustakaan
D. Menutup perpustakaan ketika situasi tidak kondusif
E. Menghardik pembuat gaduh keluar dari perpustakaan

Pembahasan: 54321 = ABCDE

Tema : ProfesionalismePilih opsi yang menunjukkan ada memiliki kompetensi dalam melaksanakan tugas dan fungsi secara baik dan benar.


13.Sebagai bagian dari penerapan sistem informasi yang baru, setiap pegawai di kantor saya diminta untuk melakukan update data pribadi secara online. Tindakan saya...
A. Meminta bantuan pendamping karena keterbatasan saya di bidang teknologi
B. Menunggu rekan kerja yang lain untuk melakukan update dan mengikuti cara mereka
C. Melakukan update sesegera mungkin dengan meminta bantuan dari tim sistem informasi
D. Mengabaikan pekerjaan tersebut dengan harapan sistem tersebut masih dalam percobaan
E. Mempelajari cara melakukan update dan data apa saja yang harus dilakukan dalam sistem

Pembahasan: 54321 : ECABD

Tema : Teknologi informasi dan komunikasiTips : bersikap positif dan mampu memahami serta menggunakan TIK.

14. Kamu diundang pada sebuah acara pesta Sabtu malam. Kamu setuju untuk pergi ke pesta tersebut. Setelah memutuskan untuk hadir, kamu tentu mempersiapkan pakaian yang akan kamu kenakan saat pesta. Bagaimana kamu memilihnya...
A. Menanyakan dan menyesuaikan diri dengan teman-teman yang akan pergi ke pesta tersebut
B. Memakai pakaian yang sesuai dan disukai pasanganmu
C. Membeli baju baru
D. Mencoba mencari yang benar benar istimewa
E. Seadanya saja dari koleksi-koleksi yang ada

Pembahasan: 54321 : ADEBC

Tema : kemampuan adaptasiTips : pilih opsi yang mencerminkan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

15. Saya merasa tidak cocok dengan salah satu rekan kantor saya. Suatu hari saya terpilih untuk berada dalam satu tim kerja dengan dia. Saya akan....
A. Menolak untuk berada dalam tim kerja tersebut
B. Menyelesaikan proyek kerja tersebut bersamanya secara profesional
C. Tidak mau terlibat dalam proyek kerja tersebut dan membiarkannya menyelesaikannya sendirian
D. Menyelesaikan proyek kerja tersebut sendirian tanpa melibatkannya
E. Minta bertukar tempat dengan rekan kerja yang lain

Pembahasan: BDCEA : 54321

Aspek : Kemampuan bekerjasama dalam kelompok

16.Hari ini di Kantor anda akan diadakan rapat besar terkait dengan kebijakan yang akan ditempuh oleh Perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Semua karyawan yang mewakili devisi masing-masing diminta untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka pada saat rapat berlangsung, anda pun telah menyampaikan ide anda sebagai perwakilan dari divisi anda, namun rekan yang lain kurang mendukung ide dan gagasan yang anda ajukan karena dinilai tidak memiliki perubahan signifikan terhadap Perusahaan kedepannya. Sikap anda.....
A. Mencoba membicarakan lebih jauh dengan rekan perwakilan devisi yang lain maksud dari gagasan yang anda ajukan dan dampaknya terhadap perusahaan.
B. Mencari dukungan dari ketua rapat, dengan memberikan data-data yang mendukung gagasan anda agar diterima.
C. Membicarakan dengan rekan divisi lain untuk memadukan gagasan yang anda punya.
D. Menggantikannya dengan ide lain yang lebih baik dan dapat diterima oleh semua perwakilan divisi.
E. Merumuskan ide tersebut secara detail agar rekan-rekan yang lain mengerti bahwa gagasan yang anda sampaikan akan berdampak baik bagi kemajuan Perusahaan.

Pembahasan: CDEAB : 54321

Aspek : Kemampuan Bekerjasama dengan kelompok

Indikator keterbukaan, saling bekerjasama dan selalu melibatkan orang lain, masalah gagasan anda dinilai kurang memberi perubahan signifikan, solusi pertama yang bisa anda lakukan adalah memadukan gagasan anda dengan rekan yang lain seperti opsi C menunjukkan anda menerima pendapat orang lain dan berusaha tetap pada prinsip dengan kolaborasi dengan rekan yang lain.

17.Anda merupakan seorang Waiters pada sebuah Restoran. Datang seorang tamu bersama dengan keluarganya untuk makan di Restoran anda. Pada saat menu sudah dihidangkan di atas meja dan mulai dinikmati oleh tamu tersebut, kemudian dia memanggil anda dan komplain jika tadi dia minta agar menu yang dia pesan dibikin tidak pedas sama sekali, sikap anda.....
A. Meminta maaf dan langsung membuatkan menu baru sesuai pesanan
B. Minta maaf dan memohon untuk menunggu agar dibuatkan yang baru
C. Melaporkan kepada bagian dapur yang bertugas memasak
D. Minta maaf dan melaporkan pada bagian dapur
E. Minta maaf dan meminta bagian dapur untuk mengganti menu tersebut

Pembahasan: DECBA : 54321

Aspek : Orientasi pada pelayanan

Indikator cepat tanggap terhadap keinginan pelanggan dan melayani dengan baik sesuai dengan kapasitas, tugas dan tanggung jawab.

18.Kita hidup di Negara yang memiliki ragam kepercayaan, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda. Di Perusahaan anda sendiri terdiri dari orang-orang yang berbeda latar belakang, banyak karyawan muslim yang mengeluhkan sulitnya beribadah karena ketersediaan tempat atau pada jam untuk beribadah mereka harus tetap bekerja. Sikap anda....
A. Akan memfasilitasi tempat untuk beribadah mereka di lingkungan Perusahaan.
B. Mendiskusikan hal ini dengan jajaran pimpinann dan pemilik Perusahaan untuk dicari solusinya.
C. Karena pemilik Perusahaan seorang non muslim, maka itu sudah menjadi aturan yang harus dipatuhi karyawan.
D. Memberikan kebijakan yang bersifat toleran kapada karyawan.
E. Bersifat toleran dan menyediakan semua fasilitas ibadah karyawan.

Pembahasan: BEADC : 54321

Aspek : Sosial Budaya

Sebaiknya sebuah Perusahaan harus memberikan sarana dan prasarana bagi karyawan dan memfasilitasinya termasuk dalam urusan keyakinan kita harus bersikap toleransi dan menghargai hak orang lain. Semua ini dilakukan dilakukan demi kenyamanan karyawan yang bekerja dalam Perusahaan tersebut. Sebaiknya Keputusan ini tentu harus minta didiskusikan dengan Pimpinan dan Pemilik Perusahaan dan tidak bisa diputuskan sendiri.

19.Dalam dunia kerja, Anda akan bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Terkadang ada orang yang cuek dan tidak mau tau, ada juga yang sangat aktif mengkritik dan menyuarakan pendapatnya terhadap anda, sikap anda terhadap rekan kerja yang sangat aktif mengkritik dan menyuarakan pendapatnya terhadap anda yaitu ...
A. Bersifat terbuka terhadap kritik atau masukkan.
B. Menjadikan kritikan sebagai masukan yang membangun agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
C. Saya jadikan kritikan sebagai bahan evaluasi diri.
D. Berusaha menerima setiap kritikan yang dilontarkan untuk anda.
E. Memahami karakter setiap orang yang anda temui.

Pembahasan: Kritik ada 2 jenis, ada kritik yang bersifat positif (membangun) dan kritik negatif (menjatuhkan). Atas semua jenis kritik tersebut, hal pertama yang harus anda lakukan tentunya terbuka terhadap semua kritikan. Sehingga, jawaban yang tepat yaitu A.

Setelah anda terbuka dengan semua kritikan, barulah pilah kritik yang positif untuk dijadikan masukan yang membangun (opsi B) ataupun bahan evaluasi diri (opsi C). Opsi D kurang tepat, karena tidak semua kritikan cocok dengan anda. Mustahil juga untuk bisa menerima kritikan dari semua orang. Opsi E kurang tepat, karena tidak memiliki korelasi yang tepat dengan pertanyaan soal.

20.Banyak karyawan dari perusahaan yang anda pimpin tiba tiba mengundurkan diri, di antaranya merupakan karyawan yang berprestasi dan berkinerja baik. Anda mengetahui jika kebanyakan alasan pengunduran diri karyawan tersebut adalah karena perusahaan tidak memberi sarana diklat pada karyawannya untuk mengembangkan diri, di sisi lain keuangan perusahaan sedang tidak memungkinkan untuk hal tersebut, sedangkan jika hal ini terus dibiarkan, akan berdampak buruk dan merugikan perusahaan anda karena kehilangan SDM yang bagus, sikap anda...
A. Memberikan karyawan kesempatan untuk mengembangkan diri dengan cara mengikutkan seminar.
B. Memberikan karyawan kesempatan pengembangan diri dengan mengikutkan pelatihan.
C. Semua perusahaan ingin karyawannya berkembang tapi karena kondisi keuangan perusahaan sedang tidak mendukung, maka hal ini tidak terhindarkan.
D. Pimpinan sendiri harus turun tangan langsung memberikan pembekalan agar karyawan bisa mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik.
E. Pemilik perusahaan harusnya lebih peka terhadap karyawan dan memfasilitasi pengembangan diri mereka melalui acara seminar/diklat.

Pembahasan: Opsi A, B, dan E memiliki kemiripan jawaban berupa sama-sama memfasilitasi pengembangan diri karyawan melalui seminar, pelatihan, ataupun diklat. Ketiga kegiatan tersebut kurang tepat untuk diterapkan di perusahaan anda, karena kegiatan tersebut tentunya membutuhkan biaya untuk pelaksanannya. Sedangkan soal menyebutkan bahwa perusahaan yang anda pimpin sedang dalam kondisi keuangan yang sulit.
Opsi C kurang tepat, karena jika pasrah dengan keadaan, lama-kelamaan perusahaan anda bisa bangkrut. Sehingga, satu-satunya solusi atas permasalahan tersebut yaitu sesuai pada opsi D, anda sebagai pimpinan harus turun tangan sendiri memberikan pembekalan kepada para karyawan. Anda sebagai pimpinan bisa memberikan pembekalan secara gratis kepada karyawan, mengingat kondisi perusahaan anda yang sedang kesulitan keuangan.

21.Anda bekerja sebagai seorang karyawan di instansi pemerintahan. Hari ini adalah hari terakhir anda bekerja, karena anda sudah mengambil cuti selama seminggu kedepan untuk menjenguk orang tua istri anda yang lagi dilanda musibah. Sebelum cuti anda harus menyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu. Namun tiba-tiba anda diajak atasan anda untuk menemaninya ke kantin untuk mengobrol mengenai pekerjaan dan makan di waktu jam istirahat. Hal yang akan anda lakukan adalah.....
A. Menyetujuinya dan segera langsung ke kantin
B. Menyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu, baru kemudian bergegas menuju ke kantkn memenuhi penggilan atasan.
C. Menolaknya ke kantin dan mengingatkannya dengan sopan agar menjaga profesionalisme kerja.
D. Melaporkannya atasan anda kepada Badan Kepegawaian agar mendapat teguran.
E. Meminta tolong rekan kerja lain untuk menggantikabanda menemani atasan di kantin.

Pembahasan: CBAED : 54321

Aspek : profesionalisme dalam bekerja

Indikator tanggung jawab dan kesadaran diri akan peraturan yang ada, anda dihadapkan pada masalah tugas yang harus selesai sebelum anda cuti lalu atasan anda mengajak ke kantin untuk membicarakan kerjaan sekaligus makan selesaikan dulu pekerjaan kita.

22.Kamu mempunyai keluarga di luar negeri dan hari ini salah satu dari anak keluargamu tersebut akan liburan di Indonesia dan dititipkan dirumahmu, apa yang akan kamu lakukan untuk menjelaskan padanya mengenai keberagaman di Indonesia.....
A. Mengajaknya mengenal budaya dengan menceritakan sejarah di tempat-tempat yang dilewati.
B. Mengajak orang-orang di lingkungan buat memperkenalkan keberagaman kepada anak tersebut.
C. Mengajaknya maen ke tempat-tempat ibadah.
D. Jadi wakil orang tuanya buat ngedidik dia tentang keberagaman.
E. Menjadi perpanjangan tangan orang tua untuk mengajarinya tentang keberagaman melalui tindakan sehari-hari.

Pembahasan: EDABC : 54321

Aspek : sosial budaya

Indikator penghormatan terhadap budaya dan mengedukasi anak tersebut karena sudah dititipkan orang tuanya kepada anda dengan mengajarkan keberagaman melalui tindakan sehari-hari,  bukan saat jalan-jalan saja.

23.Sebagai calon ASN kita dituntut cermat dalam bermedia sosial. Di era milineal sekarang ini marak berita dan informasi hoax di media sosial yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab membuat banyak orang mudah terprovokasi, berdebat kusir. Sikap anda mengatasi hal ini adalah.....
A. Membatasi penggunaan media sosial yang penting-penting saja
B. Mengenali sumber berita akurat atau tidaknya.
C. Mengenali dari judul berita terkadang terkensan provokatif.
D. Membacanya saja kemudian tidak mengambil pusing informasi tersebut.
E. Membaca keseluruhan informasi secara lengkap.

Pembahasan: BECAD : 54321

Aspek : Teknologi informasi dan komunikasi

Kita harus pinter dalam bermedia sosial, karena hal ini juga memudahkan kita untuk saling berinteraksi dan memberikan kemudahan untuk permasalahan diatas bisa dengan mengecek sumber berita yang teruji kredibilitasnya.

24.Dosen anda meminta anda untuk ikut dalam sebuah perlombaan yang dalam waktu dekat akan diselenggarakan oleh Universitas tempat anda berkuliah. Dosen anda melihat bahwa anda memiliki talenta sesuai dengan diskripsi dari perlombaan, akan tetapi anda tidak menyadarinya. Sikap anda....
A. Berterimakasih kepada Dosen tersebut karena telah memilih anda sebagai seseorang yang bertalenta
B. Menerima dan mengembangkan lebih dalam talenta yang anda miliki
C. Bersedia mengikuti perlombaan tersebut dan meminta bantuan Dosen untuk membantu dan membimbing anda
D. Bersedia asalkan Dosen anda selalu mau memberikan bimbingan jika nanti menemui permasalahan
E. Menerima dan mengikuti perlombaan tersebut sebisanya

Pembahasan: BCDAE : 54321

Aspek : Semangat berprestasi

Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan mengembangkan diri, kerja keras dan semangat kompetisi.

25.Anda termasuk ke dalam salah satu dari 3 kandidat karyawan terbaik yang akan dipromosikan untuk naik jabatan di perusahaan anda. Untuk memutuskan siapa yang layak diantara kandidat yang ada, pimpinan perusahaan memberikan tugas yang sebelumnya tidak pernah anda kerjakan. Bagaimana anda mengatasinya.....
A. Bekerja sama dengan 2 kandidat yang lain untuk saling membantu
B. Membaca berbagai referensi yang mendukung penyelesaian tugas tersebut
C. Membelu buku-buku penunjang di Gramedia untuk memudahkan dalam pemahaman terhadap tugas
D. Mencari referensi di google dan jurnal-jurnal online dan memakainya untuk penyelesaian tugas agar hasilnya maksimal
E. Meminta bantuan dan pencerahan kepada atasan untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya

Pembahasan: BDCAE : 54321

Aspek : Kemampuan belajar berkelanjutan

Gemar membaca dan terus menimba ilmu, berfikiran maju dan punya tekad untuk berkembang dan suka tantangan.


Demikianlah informasi tentang SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN CPNS TKP 2020 BAG. 1 - semoga soal latihan cpns Tes Karakteristik Pribadi beserta jawaban dan pembahasannya ini, bisa dijadikan bahan persiapan mengikuti tes cpns. Semoga lulus CPNS Tahun 2020.
A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Posting Komentar untuk "MATERI CPNS | SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN CPNS TKP 2020 BAG. 1"

Berlangganan via Email