Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DIARY ADMIN | Kebiasan-Kebiasaan Sepele yang Membuat Mimpimu Jadi Terhambat



Semua orang di dunia ini pasti akan menghadapi berbagai rintangan dan hambatan dalam mewujudkan semua impiannya. Dengan kata lain, nggak ada jalan yang mulus kalau kita ingin menggapai segala hal yang kita impikan. Semua butuh usaha dan pengorbanan.

Ngomong-ngomong soal mewujudkan impian, nih, gaes. As you know, kita juga harus melatih diri untuk selalu melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa mendukung impian kita, lho. Jangan sampai kita selalu melakukan kebiasaan yang justru membuat mimpi kita jadi terhambat.

Cari tahu, yuk, kebiasaan-kebiasaan sepele apa, sih, yang bisa menghambat impian kita di bawah berikut ini.

1. Sering menunda-nunda


Kamu tahu, 'kan? Rasa malas sudah menjadi kebiasaan sepele sekaligus negatif yang dimiliki oleh semua orang. Dengan memiliki rasa malas, seseorang tersebut lebih sering terbuai dengan bersantai-santai terlebih dulu alias menunda-nunda tujuannya. Memang, terkadang kemalasan yang datang bukan karena kita nggak punya niat untuk megerjakannya, tapi bisa juga dipengaruhi oleh kondisi tubuh yang nggak selalu fit.

Padahal sayang banget, lho, kalau kita selalu memelihara rasa malas. Kenapa? Bayangin saja, deh. Dalam hidup ini, kita cuma punya waktu 24 jam dalam sehari. Sementara, waktu terus berjalan maju dan nggak pernah mundur. Kita akan rugi kalau kita nggak berusaha untuk memanfaatkan segala kesempatan yang ada sebaik-baiknya. Sebab, satu detik waktu yang kita sia-siakan sama saja artinya kita menunda satu detik usaha untuk mencapai impian kita.


2. Banyak rencana, tapi no action alias nggak ada tindakan

Kamu punya rencana yang sudah dibuat sebaik mungkin tapi nggak pernah ada tindakan yang kamu lakukan? Well, sama saja nihil, gaes.

Ibaratnya, nih, ya, gaes, rencana apa saja yang kamu punya terhadap impianmu adalah bentuk dari seberapa kuat niat atau tekadmu. Sementara, tindakan adalah bentuk usahamu yang harus kamu lakukan untuk mewujudkan mimpimu. Jadi, jangan sampai kamu memiliki cita-cita tinggi untuk masa depanmu, tapi kamu nggak berusaha semaksimal mungkin. Sebab, perencanaan hanyalah guide yang membuat arah dan tujuan impianmu lebih jelas.

3. Nggak bersungguh-sungguh dengan mimpi yang ingin diraih

Kamu adalah tipe orang yang menganggap mimpimu itu sebagai bahan bercandaan? Atau kamu adalah tipe orang yang mengejar mimpimu dengan setengah hati a.k.a nggak bersungguh-sungguh?

Well, kalau seperti itu, sudah pasti kamu nggak akan bisa membuat mimpi itu menjadi terwujud. Soalnya, kesungguhan adalah modal utama dalam meraih mimpi. Nggak pernah ada orang yang bisa mewujudkan mimpinya kalau dia hanya bersantai dan enggan melakukan sesuatu demi mimpi tersebut. Serta nggak pernah ada orang yang bisa membuat mimpinya menjadi nyata, kalau dirinya sendiri saja nggak percaya bisa mewujudkan mimpi itu menjadi nyata.

4. Memiliki terlalu banyak mimpi yang ingin diraih

Anyway, memiliki terlalu banyak mimpi juga bisa menjadi salah satu penyebab mimpimu gagal terwujud, lho, gaes. Kenapa demikian? Karena memiliki banyak mimpi bikin kamu ngggak fokus, sehingga kamu jadi nggak memaksimalkan usaha yang kamu lakukan untuk mewujudkan mimpimu.

Eits… tapi jangan dikira kamu nggak boleh punya banyak mimpi, ya. Kamu tetap boleh punya banyak mimpi, kok. Hanya saja, kamu harus mewujudkan mimpi-mimpi itu satu persatu alias nggak sekaligus dalam satu waktu dan usahakan setiap mimpi yang ingin kamu wujudkan itu dilakukan dengan sepenuh hati.

5. Mudah menyerah


Seperti yang sudah saya bilang di awal tadi, dalam proses mewujudkan sebuah mimpi, semua orang pasti memiliki rintangannya sendiri-sendiri. Nah, salah satunya ada tipe orang yang mudah berputus asa dan memilih melupakan atau meninggalkan mimpi yang pernah menggebu-gebu di hatinya. Tentu saja, kebiasaan mudah menyerah ini menjadi faktor utama yang membuat mimpimu jadi terhambat.

Maka dari itu, sikap terbaik yang harus kamu miliki ketika memiliki sebuah mimpi adalah dengan terus maju dan pantang mundur. Jangan menyerah meski di situasi tersulit sekalipun. Hadapi masalah dan rintangan dengan tenang dan percaya diri.

Kalau ada kemungkinan kamu nggak sanggup menyelesaikan sendiri tantangan dalam mencapai impianmu, maka jangan ragu melibatkan orang-orang yang kamu sayang atau orang kepercayaanmu untuk membantu dan mememotivasi usahamu.

6. Selalu merasa cepat puas

Adakalanya orang yang sudah berhasil mewujudkan mimpinya, dia nggak mau bermimpi hal yang lebih besar lagi alias sudah puas dengan apa yang dimilikinya. Padahal orang yang selalu merasa cepat puas itu cenderung nggak mau meningkatkan kualitas dirinya.

Tanamkanlah prinsip bahwa kamu nggak boleh cepat puas dengan hasil usahamu. Karena setiap hari persaingan hidup semakin ketat. Jadi, mau nggak mau kamu harus berusaha keras bersaing dengan orang-orang yang punya tujuan sama denganmu.

Terus dan teruslah menjadikan hal yang belum baik menjadi baik. Jadikanlah juga hal yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. Singkatnya, jangan pernah ada kata puas dalam mewujudkan impian yang baik serta bermanfaat untukmu dan orang sekitar, gaes.

7. Nggak mau mengevaluasi diri

Kamu merasa dirimu sudah paling sempurna? Atau kamu pernah beranggapan kalau kamu nggak perlu lagi mengevaluasi diri? Nah, biasanya kedua hal itu menjadi faktor penghambat yang harus dihadapi orang-orang dalam mewujudkan impiannya.

Tapi, buat kamu si pengejar impian, jangan sampai kamu melakukan kebiasan yang seperti itu. Tetaplah rendah diri dan minta kritik, saran atau masukan dari orang lain. Kamu perlu melibatkan orang lain untuk menilai kelebihan maupun kekurangan dirimu. Karena terkadang kamu bisa kurang obyektif menilai kelebihan dan kekuranganmu sendiri.

Singkatnya, sering-seringlah mengevaluasi dirimu—apalagi saat kamu sedang berusaha mencapai impianmu. Dengan begitu, kamu bisa lebih menyadari dan memahami hal-hal apa saja yang menjadi penghambat atau pendukungmu dalam mewujudkan sebuah impian.

***

Well, gimana? Apakah dari penjelasan di atas kamu sudah menyadari, bahwa terkadang penghambat impian datangnya dari kebiasaan buruk yang disepelekan oleh diri sendiri.

Jadi, mulai dari sekarang ubahlah kebiasaan-kebiasaan kecil yang menghambat impianmu itu dan tetaplah semangat serta terus kejar impianmu, ya, gaes!
A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Posting Komentar untuk "DIARY ADMIN | Kebiasan-Kebiasaan Sepele yang Membuat Mimpimu Jadi Terhambat"

Berlangganan via Email