Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DIARY ADMIN | 6 Resolusi yang Harus Kamu Pikirkan untuk Kemajuan Pendidikanmu di Tahun Depan




Di penghujung tahun ini, tentunya banyak dari kamu yang tengah menikmati masa liburan sekolah dan kuliah. Well, bukan rahasia umum lagi kalau saat liburan seperti ini, biasanya kamu menghabiskan banyak waktu bersama keluarga ke berbagai tempat yang bisa memberikan ketenangan untuk melepas penatmu selama ini dalam menempuh pendidikan di bangku sekolah maupun perguruan tinggi.

Anyway, dalam rangka liburan dan akhir tahun, nih, gaes. Nggak ada salahnya, lho, kalau kamu sejenak mengingat ke belakang dan memikirkan dalam setahun ini apa saja yang telah berhasil kamu capai dalam pendidikanmu. Kalau kamu merasa selama ini belum melakukan usaha yang maksimal, alangkah lebih baik mulailah perbaiki dari sekarang dan mulailah menata diri untuk masa depanmu kelak.

Nah, untuk kemajuan pendidikanmu di tahun mendatang, kamu bisa memulainya dengan melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

1. Sering­-seringlah meluangkan waktu untuk membaca
Menumbuhkan minat untuk rajin membaca memang bukan perkara yang mudah, gaes. Apalagi buat kamu yang kurang akrab dengan buku. Bener nggak? Hihihi.

Well, sering­-seringlah meluangkan waktu buat membaca buku pelajaran/materi perkuliahanmu, meskipun cuma sebentar. Soalnya, kebiasaan membaca akan menjadikanmu lebih semangat lagi untuk mengejar ketertinggalan dan menguasai mata pelajaran/mata kuliah yang kamu anggap susah selama ini.

Selain membaca buku pelajaran/materi perkuliahan, saat weekend atau hari libur datang, kamu juga bisa membaca berbagai buku sesuai kesenanganmu. Mulai dari topik yang ringan bertahap menuju topik yang lebih berat. Dengan demikian, kamu bisa menambah wawasan pengetahuanmu lebih luas lagi.

Ulangi kebiasaan membaca dalam keseharianmu dan jadikan kegiatan positif itu sebagai bagian dari rutinitasmu mulai tahun depan. Pada akhirnya, kamu akan menemukan kenyamanan dalam membaca.

2. Perbaiki circle pertemananmu


Pertemanan kadang memberikan pengaruh yang beragam untuk kepribadian kita. Ada teman yang memberikan pengaruh positif dan ada juga yang sebaliknya.

Coba, deh, kamu flashback. Bagaimana lingkup pertemananmu selama setahun belakangan ini? Apakah teman-temanmu selalu memberikan pengaruh positif? Atau kamu malah terjebak dalam lingkup pertemanan yang toxic?

Fyi, kalau kamu merasa lingkup pertemananmu yang sekarang kurang bisa memotivasimu untuk jadi manusia yang lebih baik lagi. Nggak ada salahnya, kok, kalau kamu menjauh dari mereka dan mencoba berteman dengan orang-orang baru—yang menurutmu bisa memberikan pengaruh positif.

Cobalah keluar dari zona nyamanmu dan bersikap terbukalah pada mereka, karena siapa tahu kamu akan banyak mendapatkan pengalaman dan informasi yang berharga untuk kemajuan sekolah/kuliahmu.

3. Stop melakukan SKS a.k.a Sistem Kebut Semalam

Yap, bener banget! Menunda-nunda waktu untuk mengerjakan tugas adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan, baik itu oleh pelajar, mahasiswa dan orang yang sudah bekerja. Hal ini terjadi biasanya karena deadline pengumpulannya yang masih dan mereka lebih memilih untuk mengahabiskan waktu dengan berleha-leha, scrolling media sosial, atau melakukan kegiatan yang lainnya.

Nah, kalau kamu termasuk yang sering melakukan kebiasaan tersebut, mulai sekarang, munculkan kemauan pada dirimu sendiri untuk berhenti mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam, gaes. Kamu harus menyadari kebiasaan buruk ini cuma membuat kondisi fisikmu jadi menurun dan jam tidurmu kurang. Yang lebih parahnya lagi, hasil tugas yang kamu kerjakan juga nggak akan maksimal karena kamu mengerjakannya dengan terburu-buru.

Oyaa, hal ini juga berlaku ketika kamu mendekati hari ujian, ya. Jangan cuma belajar sehari sebelum ujian tiba. Tapi mulailah luangkan waktumu untuk sering belajar dan membaca buku pelajaran/materi perkuliahan, seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya.

4. Ikutilah seminar dan kegiatan sejenisnya


Apakah kamu termasuk pribadi yang pasif saat berada di kelas? Well, kalau kamu selama ini merasa menjadi seorang pribadi yang pasif dan sangat jarang mengikuti kegiatan sekolah maupun kampus, ubahlah kebiasaan tersebut mulai sekarang.

Kamu harus mulai untuk mengikuti seminar, organisasi sekolah/kampus, ekstrakulikuler, atau kegiatan lainnya. Karena dari sanalah kamu akan banyak bertukar pikiran dengan teman-teman sebayamu dan menjadikanmu pribadi aktif—yang menyukai diskusi serta membuat cara berpikirmu lebih terbuka serta kritis.

5. Kejarlah beasiswa dan mencoba student exchange

Kamu tahu, 'kan, gaes? Kalau beasiswa itu adalah salah satu jalan yang memudahkan langkahmu untuk meraih kesuksesan dalam pendidikanmu. Kalau kamu mau menuai beragam prestasi dan sangat berambisi untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik ke depannya, tanpa memikirkan soal biaya. Kamu wajib banget, nih, merancang target untuk mengejar beasiswa di tahun depan. Kamu bisa memulainya dengan mencoba mencari dan menanyakan berbagai informasi terkait beasiswa—baik itu beasiswa di dalam negeri atau di luar negeri.

Selain beasiswa, kamu juga bisa mencoba buat ikutan pertukaran pelajaran alias student exchange. Manfaat dari kegiatan student exchange ini banyak sekali. Misalnya, bisa jalan-jalan ke luar negeri, mengasah kemampuan bahasa inggris, punya teman-teman baru, mengetahui budaya negara lain, dan lain-lain. Pokoknya kalau kamu ikutan student exchange, kamu bakal kaya pengalaman banget, deh!

Psstt.. sekarang ini, kesempatan buat ikut pertukaran pelajar semakin terbuka lebar, lho, gaes. Kalau kamu tertarik buat ikutan, kamu bisa baca 5 Institusi yang Menyelenggarakan Program Pertukaran Pelajar di Indonesia.

6. Tingkatkan nilai raport/IPKmu dari yang sebelumnya


Last but not least, resolusi yang harus kamu pikirkan untuk kemajuan pendidikanmu di tahun depan adalah nilai rapot/IPKmu. Mekipun nilai bukanlah segalanya, tapi kamu tetap perlu memperhatikan nilai rapot/IPKmu.

Jangan sampai, karena keasyikan dengan kegiatan non akademik, seperti organisasi sekolah/kampus, dan lain-lain, kamu jadi nggak peduli dengan nilai rapot/IPKmu. Well, kalau kamu merasa nilai rapot/IPKmu sudah memuaskan, yang harus kamu lakukan adalah mempertahankannya. Berbeda kalau kamu merasa nilai rapot/IPKmu biasa saja, yang harus kamu lakukan tentu saja meningkatkannya dengan berbagai upaya.

Mau nilai rapot/IPKmu memuaskan atau nggak. Ingat... jangan menjadikanmu orang yang mudah sombong, berputus asa dan cepat puas.

***

Itulah reolusi-resolusi yang harus kamu pikirkan untuk kemajuan pendidikanmu di tahun depan, gaes. Mulailah peduli dengan pendidikanmu di masa depan dan susunlah berbagai rencana untuk menggapai impianmu. Soalnya, lewat pendidikanlah kamu mempu memberikan pengaruh positif untuk orang di sekitarmu, bahkan untuk kemajuan negara.
A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Posting Komentar untuk "DIARY ADMIN | 6 Resolusi yang Harus Kamu Pikirkan untuk Kemajuan Pendidikanmu di Tahun Depan"

Berlangganan via Email