Widget HTML Atas

DIARY ADMIN | 6 manfaat yang akan kamu dapatkan kalau kamu melakukan perencanaan karier selama ada di bangku kuliah




Kamu tahu, ‘kan, gaes? Kuliah itu merupakan kesempatan belajar buat semua orang untuk memperoleh ilmu di bidang yang ingin mereka tekuni. Sebab, beberapa ilmu yang diperoleh di bangku kuliah tersebut akan menjadi bekal untuk berkarier setelah lulus nanti. That’s why, saat memilih jurusan kuliah, kamu harus mengetahui terlebih dulu bidang apa yang kamu sukai dan sesuai dengan kemampuan dirimu.

Nah, mencapai karier impian nggak sebatas disiapkan dari ilmu akademik saja, gaes. Tapi, juga dengan perencanaan karier yang matang dan terarah sejak kamu berada di bangku kuliah. Dengan kata lain, nggak harus menunggu lulus dari bangku kuliah dulu, baru kamu merencanakan karier impianmu. Saat kamu masih duduk di bangku kuliah pun, kamu sudah bisa membuat perencanaan kariermu sendiri.

As you know, perencanaan karier yang kamu persiapkan saat masih kuliah, ternyata memiliki banyak manfaat, lho! Apa saja, ya, manfaatnya? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Menambah wawasan yang lebih luas mengenai dunia kerja

Saat merencanakan karier impian, tentunya kamu akan banyak mencari informasi seputar dunia kerja yang sulit kamu dapatkan kalau hanya belajar di kelas dari berbagai informasi, ‘kan?

Nah, manfaat pertama yang akan kamu dapatkan kalau kamu melakukan perencanaan karier sejak di bangku kuliah adalah menambah wawasanmu mengenai dunia kerja. Dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai dunia kerja, kamu jadi bisa tahu berbagai perkembangan dunia kerja yang terbaru, budaya kerja yang sesungguhnya, jenis pekerjaan apa yang sedang banyak dicari, dan lain sebagainya.

2. Kesempatan untuk mencari tahu passion dan karier impian


Selain menambah wawasan mengenai dunia kerja, melakukan perencanaan karier selama masih kuliah akan memancing dirimu untuk mencari tahu apa passion dan karier impianmu sesungguhnya. Nggak cuma itu saja, merencanakan karier sejak kuliah juga bisa membuat kamu paham betul bidang apa saja yang ingin kamu geluti setelah lulus nanti—apakah bidang tersebut sesuai dengan jurusan kuliah yang sedang kamu jalani sekarang atau nggak.

Intinya, secara nggak langsung, merencanakan karier sejak di bangku kuliah adalah kesempatan buat kamu untuk bisa menggali segala potensi yang ada pada dirimu lebih dalam lagi.

3. Memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri

Pernah dengar istilah “lebih cepat lebih baik”?

Hal tersebut juga berlaku dalam merencanakan karier, gaes. Semakin cepat kamu mengetahui apa karier yang kamu idam-idamkan, semakin banyak pula waktu yang kamu punya untuk mempersiapkan diri.

Dengan kata lain, kalau karier impianmu itu membutuhkan skill tertentu, kamu tentu akan punya lebih banyak waktu untuk belajar dan mencari referensi yang berhubungan dengan skill tersebut bukan?

Misalnya, setelah lulus nanti kamu pengin banget, nih, kerja sebagai Developer Software, Aplikasi, tapi jurusan kuliah yang sedang kamu jalani itu agak jauh dari bidang tersebut. Kamu bisa belajar mengenai seluk beluk program-program komputer di waktu senggang perkuliahanmu. Atau kalau kamu punya uang dan kesempatan, kamu bisa ikutan kursus/program pelatihan mengenai profesi tersebut.

4. Terbiasa untuk berpikir jauh ke depan

Melakukan perencanaan karier ketika masih di bangku kuliah juga akan bermanfaat untuk membentuk mindset-mu. Kamu nggak cuma mikir, setelah pulang kuliah enaknya rebahan dulu, main sosial media dulu atau nugas dulu. Kamu akan bepikir langkah apa yang harus kamu tempuh untuk bisa mencapai karier tersebut, kemampuan apa yang belum kamu miliki untuk berkarier di bidang A, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, kamu sudah terbiasa untuk selalu berpikir jauh ke depan. Hal tersebut pun akan semakin melatih dirimu untuk bisa mempersiapkan diri menghadapai masa depan dengan matang, jelas, dan terarah.

5. Nggak merasa kagok dan buntu ketika sudah lulus


Merencanakan karier saat masih kuliah juga akan membantumu agar nggak merasa kagok atau buntu mau ngapain setelah lulus kuliah nanti. Soalnya, seperti yang sudah saya sebutkan di poin sebelumnya, kamu sudah punya gambaran yang jelas dengan apa yang ingin kamu capai ke depannya.

Entah setelah lulus nanti, kamu mau langsung bekerja karena jurusan kuliah yang sedang kamu jalani itu sudah sesuai dengan karier impianmu. Entah kamu mau meningkatkan skill-mu terlebih dahulu dengan ikutan kursus atau program-program pelatihan yang sesuai dengan karier impianmu. Entah kamu mau lanjut kuliah lagi ke jenjang yang lebih tinggi alias S2, baru mengejar karier impianmu, dan lain-lain.

6. Termotivasi untuk cepat lulus dan mulai meniti karier

Yang satu ini juga nggak kalah penting, lho, gaes. Kalau kamu sudah menetapkan rencana karier apa yang ingin kamu capai serta sudah mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin, tentu kamu akan semakin termotivasi untuk cepat lulus dari bangku kuliah, ‘kan?

Maka dari itu, supaya setelah lulus nanti kamu bisa langsung take action untuk mulai meniti kariermu, kamu sudah harus merencanakan karier impianmu itu sejak di bangku kuliah.

***

Itulah 6 manfaat yang akan kamu dapatkan kalau kamu melakukan perencanaan karier selama ada di bangku kuliah, gaes. Soalnya, apa pun bidang yang ingin kamu geluti, nantinya kamu akan tetap terjun ke dunia kerja yang lebih professional bukan?

Jadi, buat kamu yang masih berstatus mahaiswa, nggak ada salahnya, kok, buat merencanakan karier dari sekarang agar kamu punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri—yang lebih baik di masa depan. Akhir kata… selamat mencoba merencanakan karier impianmu, ya, gaes!

Tidak ada komentar untuk "DIARY ADMIN | 6 manfaat yang akan kamu dapatkan kalau kamu melakukan perencanaan karier selama ada di bangku kuliah"

Berlangganan via Email