Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DIARY ADMIN | 6 Cara Mudah, Sederhana dan Murah untuk Mengurangi Stres



Stres merupakan suatu hal yang nggak baik karena ketika kamu merasa stres, perasaan stres itu sendiri dapat mempengaruhi tubuhmu. Kamu bisa gampang terkena berbagai penyakit, nafsu makan yang nggak normal bahkan kamu dapat memiliki mood yang nggak karuan dan sering berganti-ganti alias moody.

Itu baru tanda-tanda stres ringan, lho, belum lagi kalau misalnya stresmu berubah dari yang tadinya stres ringan menjadi stres berat. Ketika kamu merasa stres berat, gejala yang akan kamu rasakan ialah adanya perubahan emosi yang sangat cepat baik itu merasa senang, marah, kesal, merasa curiga, merasa cemas dan sebagainya. Selain itu, stres berat juga ditandai oleh adanya perubahan perilaku seperti makan terlalu banyak atau terlalu sedikit, sulit berkonsentrasi, sulit berkomunikasi, memiliki suatu kecenderungan yang berlebihan seperti keinginan impulsif untuk berbelanja dan sebagainya.

Nah, kalau stres ini didiamkan saja akan menyebabkan hal-hal lainnya yang nggak baik untuk tubuhmu. Stres berat yang berlebihan dan nggak diatasi akan menyebabkan gangguan jiwa. Wah, duh, serem, ya. Kalau kamu penasaran tentang bagaimana, sih, caranya mengurangi stres tanpa mengeluarkan uang yang banyak, mudah dan sederhana, simak dulu, yuk, artikel berikut ini!

1. Mewarnai


Kalau kamu sering melihat buku mewarnai di gramedia, kamu bisa menggunakan buku mewarnai tersebut sebagai mediamu untuk menghilangkan rasa stres. Dengan mewarnai, setidaknya, kamu bisa melupakan pikiran-pikiran yang mengganggumu. Melihat warna-warna yang kamu tuangkan ke buku mewarnai pun dapat membuatmu menjadi lebih rileks dan menghibur.

Seperti yang dilansir oleh situs alodokter.com, Kegiatan mewarnai termasuk ke dalam terapi seni. Terapi ini bertujuan untuk mengembalikan atau memperbaiki kesehatan mental, emosi, dan fisik seseorang dengan menggunakan proses menghasilkan karya kreatif. Kegiatan ini dipercaya dapat membantu seseorang dalam mengekspresikan diri, meredakan stres, mengendalikan perilaku, dan meningkatkan kemampuan interpersonal.

2. Olahraga ringan
Selain baik untuk fisik, olahraga pun baik untuk pikiran, lho. Hah? Kok bisa? Jelas dong, bisa. Ketika kamu berolahraga, tubuhmu akan memproduksi hormon endorfin. Apa, sih, hormon endorfin itu? Hormon endorfin adalah salah satu hormon yang diproduksi oleh tubuhmu agar kamu merasa senang, nyaman dan tenang. Nah, hormon edorfin ini diproduksi oleh kelenjar yang berada di dasar otak yang bernama kelenjar hipofisis.

Selain kamu akan merasa senang, hormon ini pun disebut sebagai hormon yang dapat menghilangkan rasa sakitmu secara alami, lho. Hormon endorfin ini dapat memunculkan rasa bahagia dan juga mengurangi rasa stres yang sedang kamu miliki.

Kalau kamu sedang merasa banyak pikiran dan merasa gejala-gejala stres ringan lainnya, maka, kamu perlu banget, nih, berolahraga. Olahraga yang cocok untuk meningkatkan hormon endorfin adalah lari, renang, jalan kaki, aerobik ringan, trademill, angkat beban, yoga dan sebagainya. Yuk, segera dicoba!

3. Meditasi


Salah satu kegiatan yang hampir sama dengan yoga adalah meditasi. Meditasi bukanlah suatu kegiatan dimana kamu harus mengosongkan pikiranmu. Meditasi disini adalah suatu perlatihan kepada dirimu sendiri agar kamu bisa fokus pada suatu hal dan dibarengi dengan melatih pernapasan yang teratur. Pada meditasi ini, kamu akan berlatih kapan kamu akan menghirup udara, kapan kamu harus menahannya dan kapan kamu akan menghembuskannya dalam interval waktu tertentu.

Nah, kenapa, sih, meditasi itu bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi stres? Well, jawabannya ialah ketika kamu sedang stres, kamu akan cenderung memikirkan banyak hal. Ketika kamu bermeditasi, kamu akan berusaha untuk berfokus kepada satu hal saja. Lakukan meditasi selama lima belas menit hingga dua puluh menit, ya, untuk membiasakan diri agar kamu dapat fokus pada satu hal saja.

4. Bermain dengan hewan peliharaan
Hayo... Siapa diaini yang punya hewan peliharaan? Yap! Perlu kamu ketahui, nih, gaes, bermain dengan hewan peliharaan dapat membuatmu lebih rileks dan bahagia, lho. Salah satu hewan peliharaan yang dapat membuatmu rileks dan bahagia ialah kucing.

Menurut penelitian Jurusan Biologi, Universitas Zurich, kucing merupakan hewan yang memiliki kemampuan untuk mengetahui apakah pemiliknya sedang dalam keadaan cemas berlebihan, sedih berlebihan dan sebagainya ataupun tidak. Ketika pemiliknya dalam keadaan tersebut, kucing akan membuat cara komunikasi seperti menggosok-gosokkan badannya ke pemiliknya dan mengeong.

Dengan menghabiskan waktu sekitar lima belas hingga dua puluh menit drngan hewan peliharaanmu, dapat meningkatkan reaksi kimia serotonin dan oksitoksin dalam otak. Pada akhirnya, kamu akan lebih merasa senang, bahagia, nyaman dan sebagainya. Setelahnya, kandungan hormon kortisol yang dapat membuatmu merasa stres dapat berkurang. Nah, kalau kamu nggak punya hewan peliharaan, kamu bisa, kok, jalan-jalan ke cafe-cafe yang dipenuhi dengan binatang-binatang peliharaan yang pastinya sudah jinak dan bersih seperti cafe kucing.

5. Tertawa
Kalau pun kamu lagi sedih dan merasa stres, kamu haru berusaha untuk tertawa. Eits... Tapi jangan ketawa sendirian tanpa ada sebab, ya, nanti orang lain takut lagi, hehe. Agar membuatmu tertawa, kamu bisa, kok, mencari video-video lucu, komedi-komedi receh dan sebagainya.

Kenapa, sih, kok, tertawa bisa mengurangi rasa stres? Jawabannya karena ketika kamu tertawa, tubuhmu akan mengurangi hormon kortisol (hormon pengacu rasa stresmu). Sebagai gantinya, tubuhmu akan melepaskan hormon endorfin sehingga kamu bisa, lho, melihat sudut pandang yang baru atas hal-hal yang dapat membuatmu stres.

Saya sering banget, lho, merasakan hal yang telah dijelaskan di atas. Ketika saya merasakan adanya beberapa pikiran yang mengganggu, saya sering menonton video-video lucu yang akhirnya dapat membuat saya tertawa. Setelah tertawa, saya merasa bahwa keadaan menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

6. Mengobrol dengan orang dekat


Ketika kamu mengobrol dengan orang terdekat, kamu akan mendapatkan banyak manfaat, lho. Kamu bisa tertawa, bisa menceritakan apa yang sedang mengganggumu akhir-akhir ini, kamu pun bisa melupakan masalahmu dan sebagainya. Nah, ketika kamu sedang merasa banyak pikiran bahkan cenderung merasa stres, kamu bisa banget, nih, gaes menemui teman-teman atau orang-orang yang dekat denganmu.

Ketika saya sudah merasa jenuh atau sedang memiliki banyak hal yang dipikirkan, selain menonton video lucu, pergi bertemu dengan teman merupakan cara yang ampuh. Ketika saya bertemu dengan teman dekat saya, saya banyak tertawa, mencurahkan semua keluh kesah dan sebagainya. Setelahnya, saya lebih merasa bahagia dan cenderung melihat semua masalah menjadi lebih positif.

***

Wah, ternyata banyak juga, ya, cara untuk mengurangi stres tanpa bikin kanker alias kantong kering. Selain murah, cara-cara yang disebutkan di atas merupakan cara-cara yang mudah dan sederhana lagi. Jadi, tunggu apa, lagi, nih, gaes? 
A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Posting Komentar untuk "DIARY ADMIN | 6 Cara Mudah, Sederhana dan Murah untuk Mengurangi Stres"

Berlangganan via Email