Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

DIARY ADMIN | 5 Hal yang Perlu Dipahami oleh Mahasiswa Mengenai Tren Industri 4.0



Hayo, siapa yang sudah biasa mendengar istilah "industri 4.0"? Sebenarnya, industri 4.0 ini, tuh, apa, sih? Industri 4.0 adalah sebuah tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Pada industri ini teknologi manufaktur sudah masuk pada tren otomatisasi dan pertukaran data. Hal tersebut mencakup sistem cyber-fisik, internet of thing, komputasi awan dan komputasi kognitif.

Nah, dengan adanya industri 4.0, internet menjadi suatu hal yang semakin memudahkan keperluan manusia. Misalnya, nih, dulu, ketika kamu ingin mencari ojek, kamu perlu pergi ke pangkalan ojek dulu, kan? Sekarang, dengan adanya internet, kamu hanya duduk diam di rumah, lalu, ojek akan menjemputmu langsung ke rumah. Contoh lainnya, ketika kamu pergi ke suatu tempat dalam waktu yang lama, namun kamu lupa mematikan lampu kamarmu. Dengan internet, kamu bisa mematikan lampu rumahmu dari jarak yang jauh.

Nah, karena pada industri 4.0 semua hal berubah menjadu serba otomatis, maka, tantangan yang muncul ialah menghilangnya beberapa pekerjaan sebelumnya dan munculnya beberapa pekerjaan baru dengan keahlian-keahlian yang lebih spesifik. Karena hal ini, nih, gaes, buat kamu yang masih mahasiswa, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, nih, gaes. Apa saja, ya, hal yang perlu kamu perhatikan terkait dengan industri 4.0?

1. Soft skill wajib: public speaking, komunikasi dan berorganisasi
Nah, public speaking, komunikasi dan berorganisasi merupakan soft skill yang wajib banget untuk kamu miliki, gaes. Public speaking adalah kemampuan dimana kamu bisa berbicara di depan umum. nggak hanya mampu dan berani saja, nih, gaes, tetapi, kamu juga harus mampu dalam membuat pendengar memahami apa yang kamu ceritakan, dapat mengatur suasana dari pendengar dan mampu menguasai perhatian dari para pendengar.

Nah, kalau komunikasi ini lebih kepada kemampuanmu berbicara atau berinteraksi dengan orang-orang di sekitarmu. Kalau membicarakan industri 4.0, kamu pasti akan bekerja dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan bahkan bisa saja, nih, kamu berinteraksi dan bekerja dengan orang yang berbeda negara. Maka dari itu, kemampuan komunikasi pun menjadi suatu hal yang penting.

Terakhir, berorganisasi menjadi suatu kemampuan yang wajib banget kamu miliki. Memangnya kemampuan berorganisasi itu, apa, sih? Yap, kemampuan berorganisasi sama saja seperti kemampuan bekerjasama dengan orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Selain itu, kemampuan berorganisasi juga merupakan kemampuan dimana kamu bisa mengerjakan segala sesuatunya sesuai dengan porsimu dan bekerjasama dengan orang lain. Meskipun terdengar mudah, tetapi, kemampuan ini penting banget, lho, dan nggak semua orang memiliki kemampuan ini.

2. Biasakan dirimu untuk berpikir kreatif dan inovatif


Pada industri 4.0 kamu juga harus berpikir secara kreatif dan inovatif. Kita sebut saja nama-nama ojek online yang tersebar di seluruh penjuru negara kita. Ojek online itu merupakan suatu produk hasil pemikiran yang kreatif dan inovatif, lho.

Memangnya, berpikir kreatif dan inovatif itu apa, sih? Berpikir kreatif adalah suatu kemampuan untuk menganalisa informasi menjadi suatu ide. Sedangkan inovatif adalah suatu hal yang bersifat pembaharuan. Jadi, bisa dibilang kalau berpikir kreatif dan inovatif adalah kemampuan untuk mengola informasi yang ada dan menjadikan informasi tersebut menjadi suatu ide yang benar-benar baru. Dalam kasus ojek online, hal tersebut merupakan suatu hal yang baru di negara kita.

Kenapa, sih, kita harus berpikir kreatif dan inovatif di era industri 4.0? Karena pada era ini, siapa yang akan bertahan ialah orang-orang yang mampu memberikan gagasan atau ide suatu pembaharuan yang sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh masyarakat. Yuk, deh, biasakan dirimu untuk berpikir kreatif dan inovatif!

3. Kepemimpinan
Kepemimpinan pun merupakan hal yang masih penting untuk mendukungmu bekerja di era industri 4.0, lho. Meskipun apapun sudah terkomputerisasi, namun, kepemimpinan merupakan kemampuan yang nggak tergantikan oleh robot atau komputer sekali pun.

Kepemimpinan adalah suatu kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam bekerja yang memiliki tujuan yaitu mencapai tujuan atau goals yang ingin diraih oleh perusahaan. Coba, deh, kamu perhatikan, apakah hal ini dapat digantikan oleh komputer atau robot? Pastinya nggak, dong, gaes. Nah, untuk mencapai tujuan bersama, seorang pemimpin sangat dibutuhkan meskipun saat ini era industri 4.0 sedang tren-trennya.

4. Kecerdasan emosional itu penting
Kecedasan emosional itu apa, sih? Kecerdasan emosional atau EQ (Emotional Quotient) merupakan kemampuan seseorang menerima mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Apakah emosi itu selalu berhubungan dengan marah-marah? Well, nggak dong, gaes. Emosi disini bisa merupakan rasa sedih, kecewa, senang, sensitif atau yang sekarang biasa disebut gampang baper dan sebagainya.

Lah, kan industri 4.0 serba otomatis, serba komputer juga, ngapain juga kecerdasan emosional itu penting? Wah, gaes, meskipun segala sesuatu udah selalu internet dan selalu otomatis, tetapi, tetap ada dong orang-orang yang memegang kendali dari komputer atau internet tersebut? Nah, bayangkan kalau orang yang mengendalikannya tipikal orang yang nggak sabaran. Jangan-jangan, kalau ada problem, orang tersebut selalu kesal dan merasa nggak sabar lagi saat melakukan troubleshooting. Akhirnya, bisa saja, masalah tersebut nggak terpecahkan.

5. Penguasaan teknologi dan pengelolaan data
Nah, yang terakhir ialah kamu harus menguasai teknologi. Kalau kamu merupakan orang yang suka dengan ilmu teknologi, maka, kamu bisa mulai belajar hal-hal yang berhubungan dengan teknologi. Mesti diingat, selain teknologi, menguasai pengelolaan data pun sangat penting untuk kamu miliki, lho.

Kalau kamu ingin mempelajari teknologi dan pengolaan data sekaligus, coba, deh, untuk belajar tentang cloud computing. Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang UX atau user experience. Kamu juga bisa belajar tentang big data, dengan mempelajari big data, kamu pun akan sekaligus mempelajari berbagai software yang memang dikhususkan untuk mengelola data-data dalam volume yang besar.

Memangnya, kenapa, sih, kok kamu nggak cuma mampu menguasai teknologi, tetapi harus mampu juga dalam pengelolaan data? Yap, pada industri 4.0, kamu harus mampu mengelola informasi menjadi suatu ide baru. Nah, informasi yang kamu dapat itu nggak sedikit, lho. Informasi tersebut dapat disebut sebagai data. Dengan data yang banyak, kamu harus bisa menganalisanya dan munculkan ide dari analisa data tersebut. Nah, ide yang original dan ide yang paling pas dengan temuan data, maka, mereka, ide tersebut yang akan dilihat.

***

Yap, kelima hal yang telah disebutkan di atas merupakan hal-hal wajib yang perlu kamu perhatikan dan juga kamu miliki. Sebagai generasi yang aktif pada tren industri 4.0, kamu pun harus mengikuti kebutuhan yang diminta oleh perusahaan pada tren ini. Nah, kemampuan yang disebut disini bisa kamu miliki dengan cara mengasah hal-hal tersebut. Yuk, tunggu apa lagi, asahlah dirimu sebelum kamu menghadapi tantangan pekerjaan, ya!
A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Posting Komentar untuk "DIARY ADMIN | 5 Hal yang Perlu Dipahami oleh Mahasiswa Mengenai Tren Industri 4.0"

Berlangganan via Email