Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BELAJAR IT | Inilah 5 Jenis Kabel HDMI pada Perangkat Elektronik



Saat ini, kabel HDMI bisa ditemukan pada berbagai macam alat-alat elektronik. Mulai dari laptop, handphone, smartphone, kamera digital. Komputer, dan berbagai alat elektronik lainnya sudah menggunakan kabel tersebut. Sebelumnya, mungkin masih ada yang bingung apa itu HDMI dan fungsinya pada alat elektronik.


Secara singkat, HDMI sendiri adalah sebuah singkatan dari High Definition Multimedia Interface. Fungsi kabel HDMI sendiri adalah sebagai alat untuk menerima maupun mengirim transfer data dengan kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan jenis kabel lainnya. Jenis kabel pada HDMI sendiri sangat beragam. Untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

  • Tipe kabel HDMI berdasarkan ukuran

1.Konektor HDMI Tipe A
Koneksi tipe ini merupakan jenis yang paling umum digunakan pada perangkat elektronik. Umumnya pada laptop sering ditemukan socket untuk memasukan jenis kabel HDMI. selian pada laptop, perangkat Blue Ray juga menggunakan jenis kabel ini. Ukuran Konektor DMI tipe A memiliki dimensi 13,99 mm x 4,45 mm. Koneksi ini juga terkadang disebut HDMI full size connector karena menggunakan 19 pin di dalamnya.


2. Konektor HDMI Tipe B
Tipe selanjutnya adalah tipe HDMI B. Tipe ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan tipe A. Hal itu juga berimbas pada bagian pin yang digunakan. Pada tipe B ini, terdapat 29 pin pada bagian konektornya. Otomatis, perangkat yang bisa digunakan pada tipe kabel ini berbeda dengan tipe A sebelumnya. Kabel tipe B lebih sering digunakan pada televisi, khususnya UHDTV.

3. Konektor HDMI tipe C
Secara ukuran, tipe ini memiliki perbedaan dengan tipe A maupun tipe B. Ukuran yang digunakan pada kabel HDMI tipe C adalah 4,45 mm x 13,9 mm. Dengan ukuran seperti itu, kabel ini juga disebut sebagai HDMI mini connector. Akan tetapi, jika dilihat dari sisi konektor, tipe C memiliki kesamaan dengan tipe A, yakni jumlahnya 19 pin. Tipe C ini lebih banyak digunakan pada perangkat elektronik mini hingga sedang seperti camcorder, tablet, ponsel, dan perangkat lainnya.

4. Konektor HDMI tipe D
Untuk tipe D ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan tipe konektor sebelumnya. Ukuran yang digunakan pada kabel HDMI tipe D ini adalah 2,8 mm x 6,4 mm. Dengan ukuran seperti itu, kabel tipe ini juga disebut sebagai HDMI micro connector. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, jumlah konektornya memiliki kesamaan dengan tipe C maupun tipe A, yakni menggunakan jumlah 19 pin. Contoh perangkat yang menggunakan kabel tipe D ini antara lain kamera digital. Smartphone, MP3, MP5, dan perangkat elekronik lainnya.

5. Konektor HDMI tipe E
Konektor terakhir adalah tipe E. Penggunaan tipe ini sedikit berbeda dengan beberapa tipe kabel HDMI lainnya. Kabel HDMI tipe E ini lebih diperuntukan pada kendaraan bermotor atau kendaraan beroda empat. Umumnya kabel HDMI tipe E ini menggunakan pengikat agar kabel ini sulit terlepas akibat guncangan maupun getaran. Contoh perangkat yang menggunakan kabel ini adalah aplikasi android untuk motor injeksi.

Setelah melihat jenis kabel HDMI berdasarkan ukuran, kini kita ulas jenis kabel HDMI berdasarkan tahun keluarnya. Untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

  • HDMI 1.1
Jenis HDMI pertama adalah jenis HDMI 1.1. Kabel HDMI ini pertama kali dikeluarkan sekitar bulan mei 2004. Kabel HDMI ini hanya mendukung untuk perangkat audio saja seperti DVD maupun VCD.
  • HDMI 1.2
Jenis selanjutnya adalah tipe HDMI 1.2. kabel HDMI ini diluncurkan sekitar bulan agustus pada tahun 2005. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, pada HDMI 1.2 ini, jumlah perangkat yang dapat digunakan lebih banyak. Contohnya saja 8 kanal satu bit audio pada CD super Audio, dan PC.


  • HDMI 1.2a

Versi pembaharuan dari HDMI 1.2. pada versi upgrade ini, perubahannnya di bagian fitur CEC atau Consumer Electronic Control yang dapat digunakan secara penuh. Selebihnya, tidak ada tambahan lagi.
  • HDMI 1.3
Versi yang terakhir dan masih sering digunakan sampai sekarang adalah kabel HDMI 1.3. pada versi ini, banyak aspek yang mengalami peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Contohnya saja pada bagian lebar pitanya bertambah hingga 340MHZ. Mendukung warna xvYCC, mendukung warna 30bit, 36bit, dan juga 48bit, dan mendukung audio stream semacam Dolby TrueHD dan DTSHD master audio stream.

Itulah jenis-jenis kabel HDMI pada perangkat elektronik. Bisa dikatakan kabel HDMI ini mengalami banyak jenisnya tergantung perangkat yang digunakan. Banyak orang yang masih kesulitan melihat perbedaan HDMI dan VGA. Meskipun terlihat hampir sama, akan tetapi, kedua kabel tersebut memilki peredaan.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan jaringan komputer, kabel-kabel HDMI sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan jaringan Wireless. Selain irit biaya, jaringan wireless pun jauh lebih efisien dibandingkan dengan kabel HDMI. meskipun begitu, masih ada beberapa hal yang masih perlu menggunakan kabel HDMI. Khususnya dalam kestabilan kecepatannya. Semoaga artikel ini dapat menjadi salah satu referensi terbaik untuk anda.
A.Awal
A.Awal Penulis kecil-kecilan dan berlanjut dengan menaruh minat pada blogger yang hingga sekarang masih dalam tahap belajar dan perlu pengembangan terus menerus.

Posting Komentar untuk "BELAJAR IT | Inilah 5 Jenis Kabel HDMI pada Perangkat Elektronik"

Berlangganan via Email