BELAJAR IT | Inilah 5 Ciri Ciri Kerusakan yang Muncul pada Mouse Mudah Terlihat

BELAJAR IT | Inilah 5 Ciri Ciri Kerusakan yang Muncul pada Mouse Mudah Terlihat

BELAJAR IT | Inilah 5 Ciri Ciri Kerusakan yang Muncul pada Mouse Mudah Terlihat


Mouse merupakan salah satu komponen perangkat keras komputer yang sering digunakan oleh user. Bagi sebagian orang tentunya sudah tahu benda yang sering digunakan untuk menggerakan kursor pada laptop maupun komputer. Meskipun di dalam laptop sudah ada touchpad, namun tetap saja keberadaan mouse masih dibutuhkan hingga saat ini.

Namun, sama halnya dengan barang-barang elektronik lainnya, mouse juga memiliki kendala apabila mengalami kerusakan. Namun, terkadang kita bingung apakah mouse benar-benar rusak atau tidak. Untuk mengetahuinya lebih dalam, berikut ulasannya.

1. Kursor tidak bergerak meskipun mouse sudah dihubungkan
Ciri yang pertama adalah kursor tidak bergerak sama sekali meskipun Anda sudah menghubungkan mouse pada komputer atau laptop. seperti yang telah diketahui bahwa mouse saat ini sudah memiliki dua jenis, yakni versi kabel dan juga versi wireless. Untuk versi kabel umumnya memang cukup sering bermasalah karena repotnya dalam mengatur kabel saat digunakan maupun tidak digunakan.

Meskipun secara kepraktisan versi wireless lebih mudah, akan tetapi tetap saja tidak menjamin mouse semacam itu akan awet. Hanya saja untuk versi wireless memiliki dua kondisi saat kursor tidak bergerak meskipun mouse sudah dihubungkan. Pertama bisa jadi baterainya sudah lemah sehingga sinyal wireless pada mouse melemah. Kondisi kedua adalah mouse memang benar-benar rusak.


2. Lampu menyala tetapi kursor tidak berjalan
Nah, untuk poin kedua ini tidak jauh berbeda dengan poin pertama. Hanya saja kondisi yang terjadi adalah mouse menyala seperti biasa, namun kursor justru tidak bergerak sama sekali. Hal ini bisa terjadi pada mouse tipe kabel maupun tipe wireless.

Jika keadaan semacam itu berlanjut, Anda janganlah panik dulu. Sebab kejadian tersebut bisa jadi karena dua hal. Pertama bisa dari laptop atau komputer itu sendiri atau bisa juga dari mouse yang bermasalah. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya Anda coba hubungkan komputer atau lapto dengan mouse lainnya. apabila pada mouse lain justru berjalan lancar, maka maslaah utama adalah pada mouse.

3. Tombol tidak berfungsi saat diklik

Tanda-tanda kerusakan mouse juga dapat dirasakan saat kita menekan tombol baik pada bagian kiri, kanan dan juga tengah atau pada bagian scroll. Bahkan pada beberapa kasus juga mouse yang tidak mengeluarkan suara “klik” saat ditekan. Apabila tidak mengeluarkan suara bunyi “klik”, maka kita akan sulit mengatur kursor di dalam komputer atau laptop. terkadang kursor akan menekan sembarang aplikasi atau program yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Jika sudah seperti itu, yang bisa kita lakukan adalah mengganti mouse lama dengan mouse baru. Namun, jika Anda memiliki keahlian dalam memperbaiki mouse, Anda bisa pelajari cara memperbaiki mouse dengan mudah.

4. Lampu LED tidak menyala
Bagian ini bertentangan dengan poin kedua, yakni lampu LED pada mouse justru tidka menyala. Pada jenis mouse optik atau jenis optical mouse, ada sebuah lampu LED yang secara umum mengeluarkan cahaya yang berwarna merah. Biasanya lampu tersebut akan menyala ketika ketika kabel atau USB jacknya sudha dihubungkan pada komputer atau laptop. jika lampu LED tidak menyala, maka bisa dipastikan kerusakan terjadi pada bagian lampu LED-nya. Namun, kepastian kerusakannnya bisa dilihat saat mouse dibongkar.


5. Muse dan kursor tidak sinkron

Mungkinn bagian ini pernah Anda alami. Ketika Anda menggerakan mouse ke atas, bagian kursor justru tidak tidak bergerak atau justru bergerak ke arah berlawanan. Umumnya orang-orang akan menarik kabel mouse dan mencobanya kembali jika jenis mouse yang digunakan adalah jenis mouse kabel.

Namun bukan berarti pada jenis mouse wireless hal itu tidak terjadi. Terkadang pada mouse wireless, ketidaksinkronan antara mousedan kursor komputer maupun laptop bisa terjadi. Hanya saja, hal ini sama dengan poin-poin sebelumnya. bisa jadi ada dua faktor yang terjadi. Pertama adalah baterai pada mouse mulai melemah, atau faktor kedua, kerusakan pada USB jack, dan faktor ketiga adalah kerusakan pada mouse itu sendiri.

Untuk mengetahuinya lebih mudah, Anda bisa mencobanya dengan mengganti mouse wireless dengan mouse lama yang masih bagus. Jika tidak ada masalah pada bagian kursor, maka bisa jadi kerusakan ada pada mouse wireless.

Itulah ciri ciri kerusakan yang muncul pada Mouse mudah terlihat. Fungsi mouse pada komputer memang sangatlah vital karena mouse termasuk ke dalam komponen komputer penting. Maka dari itu, meskipun secara harga mouse ini termasuk komponen yang cukup murah, namun, kita tetap harus menjaganya agar tetap digunakan selama mungkin. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Belum ada Komentar untuk "BELAJAR IT | Inilah 5 Ciri Ciri Kerusakan yang Muncul pada Mouse Mudah Terlihat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel